HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua Komnas Hak Asasi Manusia (HAM) Ahmad Taufan Damanik mengungkapkan Irjen Ferdy Sambo mengaku menjadi aktor utama pembunuhan Brigadir J.

Hal tersebut disampaikan komnas HAM usai melakukan pemeriksaan terhadap Ferdy Sambo di Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, Jumat (12/8).

“Pertama, pengakuan saudara FS bahwa dia adalah aktor utama peristiwa ini. Dia (Sambo) akhirnya mengakui dia yang paling bertanggung jawab dalam peristiwa ini. Dengan pengakuan ini kita harap nanti penyidikan dan selanjutnya sampai pengadilan bisa menghasilkan keputusan yang seadil-adilnya,” ujar Taufan.

Hal senada juga disampaikan Komisioner Choirul Anam. Dalam pengakuannya, kata Anam, Sambo mengakui bahwa Brigadi Yosua masih dalam kondisi hidup saat ia tiba di TKP di kediamannya di Duren Tiga.

“Berikutnya (yang diselidiki adalah soal yang terjadi di Magelang. Akan kami sampaikan kepada penyidik,” ujar Anam.

Anam mengklaim sejumlah informasi terbaru yang ia mereka dapatkan akan menjadi titik terang. Menurutnya, kebenaran atas kasus tersebut adalah hak publik.

“Sehingga penegakan hukum semakin cepat,” ujar Anam.

Komnas HAM seyogianya juga mengagendakan untuk memeriksa istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi pada Jumat (12/8), hari ini.

Namun hal tersebut batal dilakukan pihaknya lantaran kondisi Putri disebut masih belum stabil sehingga tak siap menjalani pemeriksaan.