HOLOPIS.COM, JAKARTA – Burung adalah salah satu jenis hewan peliharaan yang paling populer. Jika mendengar suara burung di pagi hari, otomatis otak akan merasa rileks dan seolah-olah kita sedang berada di pedesaan yang sejuh.

Ukuran burung sendiri bisa bermacam-macam. Ada yang segenggam tangan manusia dewasa, ada pula yang sedikit lebih besar dari itu.

Namun Sobat Holopis tahu tidak, ada jenis burung terkecil di dunia yang tidak lebih besar dari jari manusia bernama Kolibri?

Ini dia fakta-fakta burung terkecil di dunia, burung Kolibri.

Sekecil Apa sih?

Burung Kolibri atau Mellisuga helenae adalah burung terkecil di dunia dengan besar hanya 5,7 cm, seperti jari kelingking manusia. Bahkan sangking kecilnya, burung ini hanya seberat uang logam 1000 rupiah saja.

Kecil-kecil Cabe Rawit

Bukan sembarang kecil, Kolibri memiliki kepakan sayap tercepat di dunia, bahkan bisa 200 kepakan per detiknya.

Kuat Terbang

Tak hanya serba cepat, burung ini juga sangat tangguh. Mereka bisa terbang sejauh 4800 km seperti dari Alaska, Kanada, hingga Meksiko.

Kecil Tapi Pemberani

Tak hanya kecil dan tangguh, burung ini juga ternyata pemberani. Jika ada burung lain yang memasuki teritorinya, maka mereka akan menyerang burung-burung tersebut agar pergi dari wilayah teritorinya.

Wah, gemes ya Sobat Holopis, kecil tapi tangguh!