HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi menilai bahwa solidaritas para atlet di ASEAN Para Games 2022 akan menjadi sebuah kekuatan besar kawasan Asia Tenggara.

Dilansir dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (7/8), hal tersebut disampaikan langsung Presiden Jokowi saat menutup ASEAN Para Games 2022.

“Solidaritas antar bangsa-bangsa ASEAN yang ditunjukkan para atlet akan menjadi kekuatan besar bagi ASEAN dan bagi penyandang disabilitas,” ujar Presiden Jokowi.

“Kita mendukung terus setiap inisiatif dari penyandang disabilitas, kita sukseskan ASEAN Para Games ke-12 tahun depan di Kamboja,” sambungnya.

Diketahui, ASEAN Para Games 2022 resmi ditutup Presiden Jokowi pada Sabtu (6/8) waktu malam hari di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah.

“Dengan mengucap puji syukur kepada Allah SWT, Alhamdulillahirabbil ‘alamin, ASEAN Para Games ke-11 tahun 2022 saya nyatakan ditutup malam hari ini. Sampai jumpa di ASEAN Para Games ke-12 tahun 2023 di Kamboja,” ucap Presiden Jokowi.

Dalam pernyataannya, Presiden Jokowi juga turut menyampaikan terima kasih kepada seluruh delegasi dari semua negara yang hadir.

“Terutama para atlet yang telah menujukkan sportifitas persaudaraannya,” sambungnya.

“Terima kasih kepada ASEAN Para Sports Federation (APSF), International Sports Federations, National paralympic Committee (NPC) dan Komite Nasional ASEAN Para Games ke-11. Saya juga berterima kasih pada Gubernur Jawa Tengah, Wali Kota Surakarta, masyarakat kota Solo dan Solo Raya yang telah menjadi tuan rumah yang sangat ramah,” tukasnya.

Sebagai informasi, Indonesia sukses mencapai target sebagai juara umum ASEAN para Games 2022 dengan mengemas 425 keping medali, di mana 175 di antaranya medali emas, 144 medali perak dan 106 perunggu.