HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi resmi menutup ASEAN Para Games 2022, dalam pernyataannya mengatakan bahwa Indonesia bangga telah menjadi tuan rumah dari perhelatan terbesar atlet difabel se-Asia Tenggara tersebut.

“Terima kasih atas partisipasi 1248 atlet dari negara-negara ASEAN. Terima kasih telah memberikan pesan bahwa keterbatasan dan kesulitan bukan lah halangan,” ungkap Presiden Jokowi sebagaimana dilansir dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden Minggu (7/8).

“Dengan komitmen dan kerja keras, disabilitas mampu mencetak sejuta prestasi,” sambung Presiden Jokowi.

Lanjutnya, Presiden Jokowi turut mengajak untuk mensukseskan ASEAN Para Games selanjutnya tahun depan di Kamboja.

“Kita mendukung terus setiap inisiatif dari penyandang disabilitas, kita sukseskan ASEAN Para Games ke-12 tahun depan di Kamboja, Terima kasih kepada wakil ketua Komite Paralimpic nasional Kamboja yang hadir di acara ini, dan berkenan sebagai tuan rumah tahun depan” ucapnya.

Selain itu, Presiden Jokowi juga turut mengucapkan terima kasih kepada seluruh delegasi dari semua negara yang hadir, maupun pihak-pihak terkait yang telah mensukseskan ASEAN Para Games 2022.

“Terima kasih kepada seluruh delegasi dari semua negara, Terutama para atlet yang telah menujukkan sportifitas persaudaraannya,” ujarnya.

“Terima kasih kepada ASEAN Para Sports Federation (APSF), International Sports Federations, National paralympic Committee (NPC) dan Komite Nasional ASEAN Para Games ke-11. Saya juga berterima kasih pada Gubernur Jawa Tengah, Wali Kota Surakarta, masyarakat kota Solo dan Solo Raya yang telah menjadi tuan rumah yang sangat ramah,” lanjutnya.

Sebagai informasi tambahan, Indonesia berhasil menjadi juara umum ASEAN Para Games 2022, dengan mengemas perolehan medali tertinggi yakni 425 medali.

Dari 425 keping medali tersebut, 425 di antaranya merupakan medali emas, 175 perak dan 144 perunggu. Maka dari itu, target Indonesia untuk menjadi juara umum pun tercapai di ASEAN Para Games 2022.