HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi turut mengajak seluruh pihak, untuk ikut serta mensukseskan gelaran ASEAN Para Games ke-12 di Kamboja tahun 2023 mendatang.

Dilansir dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden Minggu (7/8), hal tersebut disampaikannya langsung dalam pidato closing ceremony ASEAN Para Games 2022 di Stadion Manahan, Solo pada Sabtu (6/8) waktu malam hari.

“Kita mendukung terus setiap inisiatif dari penyandang disabilitas, kita sukseskan ASEAN Para Games ke-12 tahun depan di Kamboja,” seru Presiden Jokowi.

“Terima kasih kepada Wakil Ketua Komite Paralimpiade Nasional Kamboja, Hun Many yang hadir di acara ini, dan berkenan sebagai tuan rumah tahun depan,” sambungnya.

Sebagai informasi, gelaran ASEAN Para Games 2022 Solo resmi ditutup. Dalam hal ini, Presiden Jokowi pun menyatakan, sampai jumpa di ASEAN Para Games 2023 Kamboja.

“Dengan mengucap puji syukur kepada Allah SWT, Alhamdulillahirabbil ‘alamin, ASEAN Para Games ke-11 tahun 2022 saya nyatakan ditutup malam hari ini. Sampai jumpa di ASEAN Para Games ke-12 tahun 2023 di Kamboja,” ungkapnya.

Indonesia sendiri selaku tuan rumah dinilai sukses, selain sukses prestasi, dari penyelenggaraan pun terbilang luar biasa baik.

Namun, Zainudin Amali selaku Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, sebelumnya menyampaikan bahwa berharap ASEAN Para Games 2022 tersebut tak hanya sukses secara prestasi dan penyelenggaraan, tetapi juga sukses secara administrasi dan ekonomi.

Bukti kepedulian Presiden Jokowi pun tertuang dalam perhelatan ASEAN Para Games 2022, di mana adanya gelaran tersebut merupakan inisiatif pemerintah pusat, mengingat Vietnam lah yang seharunya memegang panji turnamen terbesar difabel se-Asia Tenggara tersebut.