HOLOPIS.COM, JAKARTA – Penggagas JokPro2024, Muhammad Qodari menilai kuat bahwa sikap politik Presiden Joko Widodo untuk Pilpres 2024 mendatang ada di sosok Prabowo Subianto.

Apalagi rival politik di Pilpres 2014 dan 2019 tersebut sudah bersatu dalam satu kabinet pemerintahan untuk bersama-sama membangun bangsa dan negara.

“Menurut saya, perkembangan – perkembangan ini penting ya,” kata Qodari di diskusi yang digelar di bilangan Jakarta Selatan, Minggu (7/8).

Apalagi jika diukur dengan parameter rasionalitas, dukungan politik Jokowi ke Prabowo pun sangat rasional dan realistis.

“Secara rasional sangat masuk akal Jokowi itu dekat dan mendukung Prabowo, kenapa? Ya balik lagi di antara semua calon presiden yang paling pasti itu dia. Paling pasti bisa maju dan menang,” ujarnya.

Lebih lanjut, direktur eksekutif Indo Barometer tersebut menyebut, bahwa kedekatan Jokowi dan Prabowo juga karena mereka berada dalam satu lingkaran, di mana Prabowo merupakan menteri Jokowi.

Tak hanya itu, kata Qodari, Jokowi juga disebut nyaman dengan sosok Prabowo Subianto.

“Jadi balik lagi ke pertanyaan tadi kenapa Pak Jokowi sekarang dekat dengan Pak Prabowo? Satu karena dia menterinya, kedua kontribusinya luar biasa dalam situasi seperti ini, menyatukan bangsa. Ada Pak Prabowo saja ada orang yang masih tidak mau divaksin. Bayangkan kalau Pak Prabowo ada di luar (pemerintahan), vaksin kita belum selesai, besar sekali kontribusi Pak Prabowo itu,” tandasnya.

“Ketiga, saya rasa Jokowi sangat nyaman dengan Prabowo dengan gesturnya, dengan bahasa tubuhnya,” pungkas Qodari.