Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizEkonomi RI Tumbuh 5,44 Persen, DPR : Awas Pertumbuhan Semu Dampak Commodity...

Ekonomi RI Tumbuh 5,44 Persen, DPR : Awas Pertumbuhan Semu Dampak Commodity Boom

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2022 mencapai 5,44 persen secara tahunan atau year on year (yoy).

Menanggapi hal tersebut, Anggota Komisi XI DPR RI, Charles Meikyansah mengatakan, bahwa pertumbuhan tersebut hanya bersifat semu yang muncul akibat adanya ledakan harga komoditas, atau yang dikenal dengan istilah commodity boom.

“Kita tidak boleh terlena karena bisa jadi ini merupakan pertumbuhan yang semu akibat commodity boom di mana harga komoditas melambung tinggi, sedangkan output yang kita hasilkan sebenarnya relatif tidak berubah,” kata Charles seperti dikutip dari laman resmi DPR, Minggu (7/8).

Meski demikian, politisi Partai Nasdem itu menilai capaian tersebut menunjukkan bahwa perekonomian domestik memiliki daya kuat yang mampu menahan berbagai tekanan eksternal yang ada saat ini.

Selain itu, mobilitas masyarakat yang meningkat karena kebijakan pengendalian Covid-19 yang tepat juga menjadi salah satu pemicu pertumbuhan ekonomi tersebut.

“Tingkat pertumbuhan ekonomi yang menunjukkan perbaikan setiap triwulannya menjadi bukti optimisme untuk terhindar dari resesi,” tuturnya.

kendati demikian, Anggota Badan Anggaran (Banggar) DRP RI itu meminta agar pemerintah tetap berhati-hati dalam membuat kebijakan.

“Mengingat adanya tekanan inflasi global dan risiko resesi global yang disebabkan oleh pengetatan moneter yang agresif di Amerika Serikat dan perlambatan pertumbuhan ekonomi di Cina,” ujar Charles.

Indonesia, kata dia memang diprediksi hanya memiliki potensi resesi sebesar 3 persen. Angka ini memang tergolong rendah, tetapi ini bukan berarti Indonesia aman dari ancaman resesi.

“Perekonomian yang semakin terintegrasi melalui jalur perdagangan dan keuangan membuat potensi shock yang menyebabkan resesi dapat terjadi kapan saja,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.

DJP Klaim MLI STTR yang Diteken Sri Mulyani Bisa Dongkrak Penerimaan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim, perjanjian Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR) bisa mendongkrak penerimaan pajak negara.

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.

Harga Bahan Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan

Harga bahan pangan secara nasional di tingkat pedagang eceran terpantau mengalami kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.