Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizMentan Klaim Sektor Pertanian Jadi Bantalan Ekonomi RI

Mentan Klaim Sektor Pertanian Jadi Bantalan Ekonomi RI

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo turut angkat bicara terkait perekonomian Indonesia yang masih tumbuh positif di tengah tekanan global yang bervariatif.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi tersebut tak lepas dari peran sektor pertanian yang menjadi bantalan selama kurang lebih tiga tahun terakhir.

“Pertanian Indonesia selalu hadir dan menjadi bantalan ekonomi,” kata Syahrul, pada pernyataan tertulisnya yang dikutip, Sabtu (6/8).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), sektor pertanian menjadi tiga tertinggi penyumbang pertumbuhan ekonomi kuartal II -2022 yang tumbuh 5,44 persen. Hal itu dapatbdilihat dari besaran kontribusi pertanian yang mencapai 12,98 persen.

Lebih lanjut, Syahrul turut menyinggung perihal resesi yang menjadi ancaman negara-negara di dunia. Menurutnya, potensi Indonesia masuk jurang resesi sangatlah kecil.

Tercatat persentase potensi Indonesia mengalami resesi hanya sebesar 3 persen. Angka tersebut masih sangat jauh jika dibandingkan dengan Sri Lanka yang berpeluang resesi sebesar 85 persen atau selandia Baru 33 persen.

“Saya melihat inflasi di sejumlah negara terus mengalami kenaikan. Di Uni Eropa mencapai 9,6 persen, Amerika 9,1 persen, Inggris, 8,2 persen, Korea 6,1 persen. Tapi di Indonesia, alhamdulillah masih terjaga di angka 4,4 persen,” lanjutnya.

Syahrul pun menyebut, bahwa salah satu penyelamat ekonomi RI adalah konsistensi kita dalam menyediakan pangan dalam negeri.

Ia merinci produksi beras nasional di tahun 2019 mencapai 31,31 juta ton, angka tersebut mengalami peningkatan di tahun 2020 menjadi 31,36 juta ton. Namun pada tahun 2021 produksi beras hanya sebesar 31,33 juta ton, menurun namun masih lebih tinggi dibanding tahun 2019.

Di sisi lain, ekspor pertanian juga mengalami kenaikan yang diikuti dengan peningkatan NTP maupun NTUP.

Mentan mengklaim, sektor pertanian merupakan sektor yang penting bagi kehidupan. Di Indonesia sendiri, sebanyak 270 juta jiwa penduduk membutuhkan makanan setiap harinya.

“Kita terus dorong penguatan sektor pertanian karena pangan tidak boleh berhenti. arahan Bapak Presiden meminta penguatan produksi pangan nasional, dan itu kita terus lakukan,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Harga Emas di Pegadaian Hari Minggu Terkerek Naik

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Minggu 22 September 2024.

Jangan Lupa! Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Resmi Naik Hari Ini

Kenaikan tarif tol pada ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta telah resmi diberlakukan mulai hari ini, Minggu 22 September 2024, sejak pukul 00.00 WIB dini hari tadi. 

Hari Minggu, Harga Emas Antam Mandek di Level Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 22 September 2024.

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.