Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Setara Institute : Pemaksaan Penggunaan Jilbab di Sekolah Negeri Bertentangan dengan Kebhinekaan

Selain itu, Bonar juga mendesak Nadiem untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh serta mengembangkan dan menerapkan protokol standar kebhinekaandi sekolah-sekolah negeri untuk mencegah dan menangani kasus-kasus serupa.

Hal itu dapat dilakukan dengan mengoptimalkan peran dan fungsi Aparatur Pengawas Intern Pemerintah (APIP), otoritas pendidikan di daerah, dan pengawas sekolah, serta dengan melibatkan partisipasi masyarakat sipil.

Seperti diketahui, peristiwa pemaksaan penggunaan jilbab akhir-akhir ini kembali terjadi di sejumlah sekolah negeri. Salah satunya di SMA Negeri 1 Bantul, di mana seorang siswi dipaksa memakai jilbab oleh oknum guru BK di sekolah tersebut hingga siswi tersebut mengalami depresi dan trauma.

Selain itu, pemaksaan penggunaan jilbab juga terjadi di SMP Negeri 46 Jakarta, di mana seorang siswi ditegur oleh oknum guru karena tidak menggunakan jilbab. Teguran itu berdampak pada terjadinya ketidaknyamanan dan tekanan psikologis bagi siswi tersebut.

Kemudian di SMP Negeri 2 Turi juga terjadi pemaksaan penggunaan jilbab. Di mana pihak sekolah negeri tersebut mengeluarkan aturan wajib jilbab bagi peserta didik putri. Namun aturan tersebut direvisi menjadi anjuran, setelah pihak sekolah mendapat teguran dari Dinas Pendidikan setempat.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kemendikbudristek Berhasil Turunkan Disparitas Akses Pendidikan Selama Satu Dekade

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kemendikbudristek berhasil turunkan disparitas akses pendidikan...

Kemendag dan Kemdikbudristek Kembali Buka Program Magang Penggerak Muda Pasar Rakyat 2024

Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) kembali membuka program magang bersertifikat Penggerak Muda Pasar Rakyat (PMPR) 2024.

Heru Budi Hartono dan Dinas Kesehatan Pantau Langsung Uji Coba MGB di Sekolah SD Jaksel

Penjabat (Pj) Gubernur Daerah Khusus Jakarta, Heru Budi Hartono mengunjungi SDN Gunung 01, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Selasa (3/9).
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru