Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizCadangan Devisa RI Juli 2022 Turun US$4,2 Miliar

Cadangan Devisa RI Juli 2022 Turun US$4,2 Miliar

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) melaporkan cadangan devisa Indonesia pada akhir Juli 2022 turun sebesar US$4,2 miliar menjadi US$132,2 miliar. Penurunan itu salah satunya disebabkan oleh pembayaran utang luar negeri pemerintah.

“Penurunan posisi cadangan devisa pada Juli 2022 antara lain dipengaruhi oleh pembayaran utang luar negeri Pemerintah,” tutur Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono dalam keterangan tertulisnya, Jumat (5/8).

Selain itu, penurunan cadangan devisa tersebut dipicu oleh upaya pemerintah dalam melakukan stabilisasi nilai tukar Rupiah, sejalan dengan masih tingginya ketidakpastian pasar keuangan global.

Meski demikian, Erwin menuturkan cadangan devisa Indonesia saat masih tergolong tinggi, yakni setara dengan pembiayaan 6,2 bulan impor atau 6,1 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah.

“Berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor,” ungkapnya.

Erwin mengatakan, cadangan devisa tersebut masih mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

“Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan guna mendukung proses pemulihan ekonomi nasional,” pungkasnya.

Sebagai informasi, cadangan devisa merupakan cadangan aset dalam mata uang asing, seperti dolar AS, Euro, yen, atau lainnya yang disimpan oleh bank sentral dan otoritas moneter. Di Indonesia, aset tersebut disimpan oleh BI sebagai bank sentral Indonesia.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Bahlil Kasih Sinyal Pemerintah Batal Batasi Pembelian BBM Subsidi Mulai 1 Oktober 2024

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bahlil Lahadalia memberikan sinyal kuat, bahwa aturan pembatasan pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi batal diberlakukan mulai 1 Oktober 2024.

Teknologi Makin Canggih, Jokowi Ingatkan 85 Pekerjaan Bakal Hilang Tahun Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan sebanyak 85 juta pekerjaan akan hilang pada tahun 2025, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Jelang Akhir Pekan, IHSG Berakhir Lesu

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir melemah pada penutupan perdagangan menjelang akhir pekan ini, Jumat (20/9).

PT MRT Jakarta Raih Penghargaan Industry Award di Dubai

PT MRT Jakarta (Perseroda) meraih penghargaan pemenang “Industry Award” 2024 untuk region Eropa, Timur Tengah, Afrika/Asia Pasifik/Amerika.