HOLOPIS.COM, JAKARTA – Taktik jitu dari sang pelatih, Bima Sakti sukses membawa timnas U-16 Indonesia sikat habis Singapura dengan skor besar 9-0 tanpa balas pada lanjutan babak penyisihan grup A Piala AFF U-16 2022.

Dalam pertandingannya, Muhammad Nabil Asyura mampu menjadi pemain yang paling mencolok dengan meraih hattrick ke gawang Singapura di menit tiga, 17 dan 30. Kemudian, Nabil juga tercatat menjadi pemain yang sukses mencetak gol tercepat di Piala AFF U-16.

Selain gol dari Nabil, ada pun torehan lainnya yang dibuat oleh Muhammad Kafiatur Rizky di menit 35 dan 43, Mokh Hanif Ramadhan di menit 21, lalu di menit 59 oleh Risky Afrisal, Waliy Marifat di menit 80 melalui titik kotak penalti dan terakhir ditutup oleh gol I Komang Ananta Krisna Putra di menit 90+2.

Dilansir dari situs PSSI Kamis (4/8), hasil kemenangan besar ini pun tak lepas dari strategi jitu yang diterapkan Bima Sakti selaku pelatih timnas U-16 Indonesia.

“Memang kami instruksikan ke pemain, saat menit-menit awal, harus press lawan. Karena menit awal menit akhir itu waktu yang krusial dalam pertandingan. Kami manfaatkan saat tim lawan tak siap dan lengah,” ujarnya.

Lanjut keterangannya, Bima menyampaikan bahwa kemenangan besar melawan Singapura tersebut dinilai menjadi modal penting timnas U-16 Indonesia tatap laga terakhir Grup A kontra Vietnam.

“Kami ucapkan syukur Alhamdulillah kami hari ini bisa menang. Mereka bisa jalankan taktik yang kami harapkan. Semoga dari hasil skor besar ini, mudah-mudahan menjadi modal untuk menatap pertandingan di hari Sabtu tanggal 6 Agustus,” tambahnya.

Selain itu, Bima Sakti juga turut menjelaskan bahwa memang betul ada beberapa pemain yang diistirahatkan, maka dari itu rotasi pemain diberlakukan saat melawan Singapura.

“Ada beberapa pemain yang memang kita istirahatkan seperti Habil, Sutan Zaky karena saat pertandingan pertama mereka bekerja keras dan sedikit agak problem dengan cedera, maka diistirahatkan,” tukasnya.

Dalam hal ini, sang pencetak hattrick, yakni Nabil pun buka suara dan mengungkapkan bahwa dirinya dan tim harus tetap semangat menatap laga berikutnya.

“Perasaan saya senang terharu rasanya. Pertandingan lawan Singapura, saya rasa mereka cukup bagus dan kami harus tetap semangat terus,” ungkapnya.

Sebagai informasi, pertandingan timnas U-16 Indonesia melawan Vietnam sendiri akan digelar pada Sabtu (6/8) pukul 20.00 WIB di Stadion Maguwoharjo, Sleman.