HOLOPIS.COM, JAKARTA – Smartphone seri Z Samsung tidak akan lagi digunakan Samsung, untuk smartphone lipatnya. Kini Samsung menyebutnya, Samsung Galaxy Fold 4 dan Galaxy Flip 4 untuk di sebagian negara-negara Eropa.

Samsung beralasan, penghilangan huruf Z di produknya merupakan langkah untuk menghindari tuduhan dan antisipasi agar perusahaan tersebut tidak disangkut pautkan dengan kondisi konflik yang berlangsung antara Rusia dan Ukraina.

Sementara itu, menurut pembocor teknologi Snoopytech, militer Rusia diketahui menggunakan huruf Z sebagai lambang eksistensinya dalam perlawanan menghadapi Ukraina.

Informasi itu diperkuat dengan beredarnya gambar yang menunjukkan kendaraan militer Rusia yang memiliki simbol Z meski terlihat tidak terlalu jelas.

Penghapusan nama seri Z itu dipastikan sudah mulai dilakukan di Lithuania, Latvia, dan Estonia. Hal yang sama juga dilakukan pada ponsel Galaxy Fold 3 dan Flip 3 keluaran baru yang tidak lagi memiliki huruf kapital Z sebagai penanda seri ponsel lipat pintar dari Samsung.

Samsung dalam waktu dekat akan mengenalkan Galaxy Flip 4 dan Fold 4 pada 10 Agustus di acara Samsung unpacked. Ponsel lipat diharapkan membawa peningkatan signifikan dalam hal tampilan, baterai, dan kinerja. Kedua perangkat dikabarkan akan dilengkapi dengan Snapdragon 8+ Gen 1 SoC.