HOLOPIS.COM, JAKARTA – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan bahwa Indonesia perlu melakukan pengetatan yang ekstra, salah satunya adalah dengan melakukan pengecekan khusus terkait dengan akses masuk ke Indonesia.

Hal ini diutarakan Gantar, agar warga Indonesia terhindar dari penyakit cacar monyet atau monkeypox yang saat ini tengah mewabah di kawasan Eropa, Afrika hingga sebagian negara di Asia.

“Kami meminta karena ini pasti ada pengaruh dari luar, maka pintu masuk Indonesia masih butuh pengetatan-pengetatan dan checking menggunakan banyak peralatan agar bisa aman (dari cacar monyet),” kata Ganjar, Rabu (3/8).

Ganjar mengaku bahwa sampai hari ini, pihaknya belum berani mengambil sikap terkait penyakit tersebut, namun pihaknya terus melakukan pemantauan, terlebih baru-baru ini sudah terdapat laporan perihal tanda-tanda penyakit ini menjadi suspek di Indonesia.

“Kami belum berani menentukan apakah itu cacar monyet atau bukan, tapi kami lagi pantau,” lanjutnya.

Selain itu, beberapa waktu lalu, juga terdapat laporan mengenai penyakit cacar monyet, namun setelah dilakukan pengecekan oleh tenaga medis, ternyata tanda-tanda yang diduga sebagai cacar monyet bukan termasuk dalam penyakit ini.

“Dulu pernah ada yang masuk ke kami, saya sudah cek, tetapi hasil laboratorium pemeriksaan terakhirnya bukan cacar monyet, alhamdulillah,” pungkasnya.