HOLOPIS.COM, JAKARTA – Maskapai penerbangan Korea Selatan, Korean Air, dan Asiana Airlines membatalkan penerbangan ke Taiwan selama 1 hingga 2 hari karena latihan pasukan militer China di area tersebut.

Korean Air menghentikan penerbangan antara Incheon dan Taiwan pada hari Jum’at (5/8) dan Sabtu (6/8). Sementara Asiana Airlines membatalkan penerbangan tanpa transit ke Taiwan pada esok hari,” demikian dilaporkan media lokal Korea, News1, Kamis (4/8).

Seperti diketahui, China melakukan latihan militer di Selat Taiwan dan membuat ketegangan semakin parah antara dua negara.

Kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi ke Taiwan pun dinilai telah memperkeruh suasana.

Amerika Serikat yang secara terbuka mendukung Taiwan telah membuat China gerah dan berjanji akan membuat AS membayar ganjarannya.

Sebagai informasi tambahan, China beberapa kali mengatakan bahwa Taiwan adalah bagian dari wilayah mereka. Sementara Taiwan tak mau bergabung dengan China dan bersikeras bahwa mereka adalah tanah merdeka yang memiliki kedaulatan sendiri.

Mencium perlawanan dari Taiwan, China mengatakan bahwa mereka siap melakukan perebutan wilayah dengan kekerasan jika diperlukan.