HOLOPIS.COM, JAKARTA – Cabang olahraga (cabor) para-atletik dari nomor 400m putri T20, sukses menyumbangkan satu medali emas dan satu perak untuk Indonesia di ASEAN Para Games 2022.

Dilansir dari Kemenpora Kamis (4/8), medali emas tersebut didapat oleh Elvin Elhusia Sesa dan medali perak diraih Tiwa.

Bertanding di Stadion Manahan, Solo pada Rabu (3/8) kemarin, sang peraih medali emas, Elvin mengaku dirinya sempat mengalami rasa takut hingga mengeluarkan air mata. Meski begitu, ada motivasi yang mampu membangkitkan semangat dari dalam dirinya, sehingga sukses meraih medali emas ASEAN Para Games 2022.

“Ini untuk membanggakan Indonesia, mengibarkan bendera Merah Putih, maka harus semangat. Aku tadi teriak-teriak, iya karena takut, karena lihat lawannya itu aduh bagaimana ya kalau duluan gitu. Tapi setelah lari sudah lega, tenaganya sudah pulih karena mendapatkan hasil yang maksimal,” ucapnya.

Lanjutnya, Elvin menyampaikan bahwa raihan medali emasnya itu jauh melebihi target yang diberikan. Mengingat apa yang ditargetkan kepadanya adalah medali perunggu.

“Ini bukan target, karena target perunggu, ini tidak nyangka juga dapat emas. Motivasi dari pelatih terus dari orang terdekat sahabat, pengurus dari Ambon, dan dukungan keluarga, meski ada cedera radang kaki terus semangat dan menyebabkan keberhasilan,” ungkapnya.

Sementara itu, Tiwa tetap merasa bangga meski dirinya hanya mendapatkan medali perak untuk Indonesia, karena nomor tersebut sejatinya memang bukan prioritas, ia pun mengakui bahwa dirinya tidak kuat di sprint.

Diketahui, Tiwi sebelumnya sukses mendapatkan medali emas, namun di nomor yang dikuasainya yakni 1.500m.

“400M bukan nomor saya, saya tidak di sprint, jadi tetap bangga dapat mengiringi Elvin, semua kami persembahkan untuk Indonesia,” tukasnya.