Senin, 23 September 2024
Senin, 23 September 2024
NewsEkobizPakar : Begini Cara Tangkal Hantu Hiperinflasi

Pakar : Begini Cara Tangkal Hantu Hiperinflasi

Langkah selanjutnya yakni memperkuat ketahanan pangan dan energi melalui pemanfaatan sumber daya lahan secara efektif.

Seperti diketahui, krisis pangan dan energi saat ini tengah melanda sejumlah negara, bahkan krisis tersebut telah terjadi di sejumlah negara di Uni Eropa, yang notabene merupakan negara-negara maju.

Achmad menuturkan, pemerintah harus melakukan pendataan jumlah lahan tak berguna dan mentrasformasikan menjadi lahan pangan yang produktif.

“Langkah ini juga harus disertai efektifnya lembaga Badan Pangan Nasional yang memberikan data akurat terkait kondisi pangan Indonesia,” pesannya.

Lebih lanjut terkait dengan ketahanan energi Indonesia, Pemerintah perlu mempercepat program D100 biodiesel dan mempercepat konversi minyak nabati menjadi avtur, gasoline dan solar.

Sebab selama ini, Indonesia masih bergantung pada impor Singapura dan Timur Tengah untuk memenuhi pasokan dalam negeri atas ketiga produk di sektor energi tersebut.

Achmad mengatakan, percepatan program D100 biodiesel dan konversi minyak nabati tersebut merupakan langkah antisipasi jikalau harga energi sudah naik hingga ke level USD200 per barel.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Hati-Hati, IHSG Rawan Koreksi di Perdagangan Awal Pekan Ini

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) rawan terkoreksi pada perdagangan awal pekan ini, Senin (23/9), setelah IHSG mencatatkan kinerja buruk pada pekan lalu.

Wamentan Optimis Indonesia Mampu Susul Tiongkok Wujudkan Swasembada Pangan

Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Sudaryono optimis, Indonesia bisa mewujudkan swasembada pangan seperti yang dilakukan oleh Tiongkok, yang saat ini memiliki jumlah populasi penduduk mencapai 1 miliar jiwa.

IHSG Sepekan Bikin Mewek, Kapitalisasi Anjlok 2,58 Persen

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada sepekan terakhir nampaknya tidak lagi bergairah seperti pada pekan-pekan sebelumnya.

Harga Emas di Pegadaian Hari Minggu Terkerek Naik

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Minggu 22 September 2024.