Senin, 23 September 2024
Senin, 23 September 2024
NewsEkobizSri Mulyani Optimis Perbaikan Ekonomi RI Terus Berlanjut

Sri Mulyani Optimis Perbaikan Ekonomi RI Terus Berlanjut

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) RI, Sri Mulyani Indrawati mengaku optimis atas perekonomian Indonesia yang menunjukkan perbaikan pada kuartal II-2022 akan terus belanjut pada kuartal-kuartal berikutnya.

“Perbaikan perekonomian domestik pada Kuartal II-2022 diproyeksikan masih akan terus berlanjut,” ujar Sri Mulyani dalam Konferensi Pers Hasil Rapat Berkala III KSSK 2022 secara virtual, Senin (1/8).

Bendahara negara yang sekaligus Ketua Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) itu menuturkan, bahwa keberlanjutan perbaikan ekonomi itu didukung oleh berbagai kinerja baik sejumlah indikator pada Juni 2022. Misalnya saja indeks penjualan riil yang tetap tumbuh 15,4 persen secara tahunan atau year on year (yoy).

Selain itu, kinerja sektor manufaktur yang tercermin dari Purchasing Managers Index (PMI) tetap menunjukkan kinerja ekspansif dengan berada pada level 50,2 pada Juni 2022. Bahkan, kata dia, PMI pada Juli 2022 mengalami penguatan hingga ke level 51,3.

Kemudian konsumsi listrik, terutama untuk industri maupun bisnis juga mencatatkan pertumbuhan yang cukup kuat pada Juni 2022.

Ditambah lagi keyakinan konsumen akan laju perekonomian Indonesia yang terus terus meningkat. Hal itu dibuktikan dengan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang berada di level 128,2, lebih tinggi dari posisi Maret yang waktu itu hanya berada di level 111,0.

“Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat memiliki optimisme terhadap prospek pemulihan ekonomi,” tutunya.

Dari sisi kinerja Neraca Pembayaran Indonesia (NPI), Sri Mulyani memperkirakan masih akan tetap kuat di tengah tekanan arus modal keluar karena berbagai kebijakan pengetatan moneter akibat inflasi tinggi di sejumkah negara maju.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Wamentan Optimis Indonesia Mampu Susul Tiongkok Wujudkan Swasembada Pangan

Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Sudaryono optimis, Indonesia bisa mewujudkan swasembada pangan seperti yang dilakukan oleh Tiongkok, yang saat ini memiliki jumlah populasi penduduk mencapai 1 miliar jiwa.

IHSG Sepekan Bikin Mewek, Kapitalisasi Anjlok 2,58 Persen

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada sepekan terakhir nampaknya tidak lagi bergairah seperti pada pekan-pekan sebelumnya.

Harga Emas di Pegadaian Hari Minggu Terkerek Naik

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Minggu 22 September 2024.

Jangan Lupa! Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Resmi Naik Hari Ini

Kenaikan tarif tol pada ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta telah resmi diberlakukan mulai hari ini, Minggu 22 September 2024, sejak pukul 00.00 WIB dini hari tadi.