HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi tiba di Kuala Lumpur pada hari Selasa (2/8). Ini merupakan pemberhentian keduanya di Asia yang memancing amarah Beijing. Hal itu karena ada kemungkinan Nancy juga melakukan kunjungan ke Taiwan.

Meskipun sebenarnya pemerintahan Joe Biden tidak mengizinkan Pelosi mengunjungi Taiwan, namun Juru Bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, John Kirby mengatakan, Nancy tetap punya hak jika ingin mengunjungi Taiwan.

“Beliau memiliki hak untuk mengunjungi Taiwan. Tidak ada alasan bagi Beijing untuk membuat kemungkinan kunjungan ini sebagai krisis,” kata Kirby kepada wartawan.

Tak hanya berhenti di Malaysia, Perjalanan Nancy masih akan berlanjut di Asia. Nancy nantinya akan mengunjungi Korea Selatan dan Jepang. Meski demikian, prospek ke Taiwan masih dinilai cukup besar oleh beberapa pihak.

Seperti diketahui, China telah beberapa kali mengatakan bahwa Taiwan adalah bagian dari wilayah mereka dan tidak akan ragu untuk merebut dengan kekerasan jika diperlukan.

Pernyataan ini telah memunculkan kekhawatiran banyak pihak. Amerika Serikat pun menyatakan siap membantu Taiwan mempertahankan wilayahnya jika memang diserang oleh China.

Namun seperti makan buah simalakama, pernyataan Amerika Serikat justru menyinggung China dan membuat hubungan keduanya semakin retak.