Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizIndonesia Diklaim Jadi Negara yang Selamat dari Pandemi

Indonesia Diklaim Jadi Negara yang Selamat dari Pandemi

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) RI, Suahasil Nazara mengklaim Indonesia sebagai salah satu negara yang berhasil keluar dari keterpurukan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Hal itu tercermin dari realisasi Produk Domestik Bruto (PDB) riil tahun 2021 yang berada di level 1,6 persen, lebih tinggi dibanding realisasi PDB di tahun 2019 atau sebelum pandemi Covid-19.

Suahasil mengatakan, pemulihan ekonomi Indonesia yang cepat diiringi oleh terkendalinya inflasi. Ia menilai tingkat inflasi Indonesia masih relatif moderat jika dibanding dengan negara lain yang selevel.

“Saat ini kondisi ekonomi yang kita hadapi itu bergeser. Bergeraknya ke situasi dimana inflasi meningkat di berbagai belahan dunia. Namun, kita lihat bahwa banyak negara peer grup kita yang masih dibawah belum kembali ke level 2019. Kita termasuk negara yang sudah kembali,” ujar Suahasil, Selasa (2/8).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat inflasi Indonesia pada periode Juli 2022 secara tahunan atau year on year (yoy) tembus di level 4,9 persen.

Menurut Suahasil, tingkat inflasi tersebut belum seberapa jika dibanding dengan negara lain. Misalnya saja Turki yang mengalami inflasi 78,6 persen, Argentina 64 persen, Rusia 15,9 persen, dan Brazil 11,9 persen.

Selain itu, level PDB riil Indonesia juga masih mengarah ke kinerja positif, dengan budget defisit sekitar 4,6 persen. Secara kumulatif, fundamental Indonesia pun jauh lebih kuat dibanding dengan banyak negara.

“Posisi relatif Indonesia menunjukkan ketahanan kita, namun demikian kita harus tetap berjaga-jaga,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.

DJP Klaim MLI STTR yang Diteken Sri Mulyani Bisa Dongkrak Penerimaan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim, perjanjian Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR) bisa mendongkrak penerimaan pajak negara.

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.

Harga Bahan Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan

Harga bahan pangan secara nasional di tingkat pedagang eceran terpantau mengalami kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.