HOLOPIS.COM, JAKARTA – Buah Parijoto memiliki bentuk yang mirip seperti anggur, namun ukurannya yang lebih kecil. Buah tersebut, tumbuh bergerombol berbentuk bulat hingga lonjong berwarna merah muda keunguan.

Buah parijoto memiliki tekstur yang renyah dan lembut ketika dikonsumsi. Selain itu, rasanya asam dan manis membuat buah ini memiliki daya nikmat tersendiri. Buah ini sering digunakan sebagai obat herbal berbagai penyakit, salah satu yang paling terkenal adalah dapat membantu meningkatkan kesuburan wanita.

Berikut ini beberapa manfaat lainnya buah yang disebut juga sebagai medinilla speciosa yang harus Sobat Holopis tau, yakni :

  • Mengatasi diare

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa buah parijoto mampu mengatasi diare. Untuk mendapatkan khasiat tersebut, Sobat Holopis hanya perlu 15-20 gram daun parijoto. Cuci terlebih dahulu, kemudian rebus selama 15-20 menit. Minum ketika sudah mendingin sebanyak 2x sehari.

  • Menangkal radikal bebas penyebab tumor dan kanker

Kandungan antioksidan alami seperti tanin, flavonoid, dan saponin bermanfaat menangkal radikal bebas pada tubuh. Selain itu, senyawa flavonoid dapat menghambat persebaran tumor, tumbuhnya sel kanker, enzim yang memicu peradangan, dan penyakit imun.

  • Menurunkan berat badan

Pada suatu penelitian ditemukan ekstrak metanol pada parijoto yang diberikan pada tikus secara bertahap dapat menurunkan kadar trigliserida. Oleh karena itu, berat badan pada tikus tersebut turun hingga 34%. Selain itu, buah ini juga dapat mencegah hiperlipidemia atau kolesterol tinggi.

  • Mengurangi resiko penyakit jantung

Kandungan vitamin C pada buah yang hidup bergerombol ini dapat mencegah terjadinya penyakit jantung. Buah ini cocok digunakan sebagai pencegahan dini penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian.

  • Menjaga kesehatan kulit

Senyawa flavonoid pada buah parijoto merupakan sumber antioksidan cocok digunakan untuk menjaga kesehatan kulit. Hal tersebut dibuktikan dalam sebuah penelitian yang menemukan bahwa buah ini cocok digunakan untuk produk body lotion dan tabir surya.

  • Mencegah diabetes

Buah berwarna merah muda yang memiliki kandungan flavonoid yang tinggi ini bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Namun, Sobat Holopis harus mengkonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

Itulah beberapa manfaat buah parijoto untuk kesehatan tubuh. Perlu diperhatikan untuk Sobat Holopis yang sudah memiliki beberapa riwayat penyakit, sebaikmya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter.