HOLOPIS.COM, JAKARTA – Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga Mauladi mengatakan bahwa partainya akan mendaftarkan diri menjadi peserta pemilihan umum (Pemilu) 2024 bersama dengan Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), pada Rabu, (10/8).

“PAN rencananya akan mendaftarkan diri ke KPU RI pada hari Rabu, 10 Agustus 2022, bersama-sama dengan Partai Golkar dan PPP,” kata Viva, Senin (1/8).

Ia menjelaskan bahwa partainya telah memenuhi seluruh persyaratan administrasi, baik profil, kepengurusan, kantor, hingga keanggotaan.

“PAN menurut data Sipol KPU telah memenuhi syarat administrasi 100%, mulai dari profil, kepengurusan, kantor, dan keanggotaan,” lanjutnya.

“Dokumen administrasi kepengurusan PAN telah 100% di tingkat provinsi, 100% di tingkat kabupaten/ kota, kalau di UU hanya 75% setiap provinsi, dan 100% di tingkat kecamatan, kalau di UU hanya 50% di setiap kabupaten/ kota,” tambahnya.

Viva mengaku keberhasilan persyaratan ini merupakan hasil dari kerja keras dari seluruh pengurus PAN yang berupaya untuk membangun manajemen organisasi modern.

“Hal ini karena kerja keras kolektif pengurus PAN dan upaya membangun manajemen organisasi modern,” imbuh dia.

Sebagai informasi, KPU mulai membuka pendaftaran partai politik dan pengumpulan persyaratan sebagai peserta Pemilu 2024 pada 1 Agustus-14 Agustus 2022.

Hingga saat ini, terpantau sudah terdapat beberapa partai politik yang sudah mulai mendaftarkan diri, seperti Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Kesejahteraan Indonesia (PKS), Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Reformasi, Perindo, Partai Rakyat Adil Makmur (PRIMA), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), dan Partai Bulan Bintang (PBB).