Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Filosofi Alain de Botton: Hidup Bahagia dengan Biasa Saja

Jadi, bisa saja orang di luar sana yang punya rumah mewah dan mobil bagus itu sebenarnya hanyalah orang yang rapuh dan haus akan kasih sayang. Satu-satunya hal yang bisa dilakukan untuk mendapat kasih sayang itu adalah punya materi yang melimpah.

3. Meritokrasi

Meritokrasi dianggap sebagai tatanan yang paling ideal dan adil untuk diterapkan di era modern ini. Apa sih merikrotasi itu?

Secara teori, meritokrasi adalah ideologi politik yang memberikan kekuasaan dan status sosial berdasarkan kemampuan atau talenta yang dimiliki oleh seseorang. Intinya, semua orang akan sukses kalau memiliki energi, talenta, dan usaha yang baik untuk mencapainya.

Namun, menurut Alain, kenyataannya bahwa Meritokrasi juga bisa menjadi salah satu penyebab kita terobsesi dengan pencapaian karir.

Lantaran, akan timbul kepercayaan di dalam masyarakat bahwa orang yang berhasil itu merupakan hasil usaha keras, sementara orang gagal itu akibat kurang berusaha untuk mencapainya. Keberhasilan akan jadi hal yang menyenangkan, sedangkan kegagalan adalah suatu hal yang menyakitkan.

Terkait masalah ini, Alain ingin menekankan bahwa pengelompokkan orang berdasarkan nilai baik dan buruk atau sukses dan gagal itu sangat mustahil.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Biografi Ibnu Khaldun, Sang Bapak Ilmu Sosiologi dan Sejarawan Terbesar

Ibnu Khaldun merupakan seorang pemikir dan sejarawan yang sangat berpengaruh dalam perkembangan ilmu sosial dan sejarah di tatanan kehidupan saat ini. Ia diketahui lahir pada tanggal 27 Mei 1332 di Tunis, yang sekarang merupakan bagian dari Tunisia.

Profil Khofifah Indar Parawansa yang Dijagokan Golkar Maju Pilgub Jatim

Partai Golkar telah resmi memberikan dukungan kepada Khofifah Indar Parawansa untuk maju kembali sebagai calon gubernur di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim) pada November 2024 mendatang.

Kisah Singkat Sunan Muria Sebarkan Cahaya Islam di Lereng Gunung Muria

Di lereng Gunung Muria yang menjulang tinggi, terukir kisah inspiratif Sunan Muria, salah satu Walisongo yang mendedikasikan hidupnya untuk menyebarkan Islam di tanah Jawa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru