HOLOPIS.COM, JAKARTA – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie menyampaikan ucapan selamat kepada semua partai politik yang hari ini telah mendaftar sebagai peserta pemilu di KPU RI.

“Hari ini pendaftaran parpol calon peserta pemilu 2024 dimulai. Selamat kepada semua parpol yang daftar, semoga lolos verifikasi,” kata Jimly, Senin (1/8).

Ia juga mengingatkan bahwa potensi adanya partai politik yang tidak lolos sebagai peserta Pemilu 2024 masih mungkin terjadi. Sehingga ia harap berbagai persiapan dan kelengkapan syarat administrasi benar-benar diperhatikan.

“Biasanya tidak semua lolos,” ujarnya.

Selain itu, ia juga menyebut bahwa sekalipun ada partai politik yang lolos sebagai peserta pemilu secara administrasi di KPU, belum tentu partai tersebut sukses menarik suara masyarakat untuk memilih. Terlebih lagi, saat ini pun, ambang batas juga wajib diperhatikan betul oleh partai politik uang maju.

“Yang lolos pun belum tentu berhasil pikat pemilih untuk capai threshold 4%,” tandasnya.

Ia berharap persiapan dan persaingan bisa berjalan secara baik dan sehat. Karena betapapun, suara rakyat yang menjadi penentunya.

“Biar rakyat yang tentukan sikap bebasnya. Mari siap utk pemilu damai dan sukses,” pungkasnya.