HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kota Tua merupakan pesona lain dari ibukota DKI Jakarta yang menjadi favorit banyak orang. Bahkan belum afdhal rasanya jika berkunjung ke DKI Jakarta tapi tidak mampir ke Kota Tua ini.

Arsitektur yang ikonik membuat tempat ini menjadikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Bangunan peninggalan Belanda yang terletak di Jakarta Utara ini memang sangat cocok digunakan sebagai tempat makan, berkumpul, atau sekadar berfoto saja. Untuk menikmati suasana bangunan tua ini, tak lengkap jika tanpa santapan lezat yang menggoda di kawasan Kota Tua.

Berikut ini, rekomendasi kuliner lezat untuk Sobat Holopis saat mengunjungi Kota Tua :

  • Kedai Seni Djakarte
Kedai Seni Djakarte
Kedai Seni Djakarte

Menariknya, outlet Kedai Seni Djakarte menggunakan bangunan bersejarah sebagai lokasinya. Untuk mendukung suasana yang autentik, di dalam restoran ini terdapat lukisan-lukisan pelukis lokal sebagai pemanis dinding.

Di restoran ini Sobat Holopis bisa menikmati kuliner Betawi dengan rasa yang sedap. Menu favorit di restoran ini adalah soto betawi yang dibanderol berkisar Rp50.000.

  • Acaraki Jamu
Acaraki Jamu
Acaraki Jamu

Kafe yang mengusung minuman tradisional sebagai andalannya dikemas dengan tampilan yang modern. Jamu yang disajikan di gelas cantik ini tentunya memberikan khasiat yang menyehatkan tubuh.

Walaupun tidak memiliki banyak pilihan menu, kafe ini mampu eksis dengan menu favoritnya yakni Golden Sparkling. Minuman tersebut merupakan campuran kunyit asam dan beras kencur.

Kisaran harga di sini sekitar Rp25.000-Rp27.000.

  • Keukenhof Bistro
Keukenhof Bistro
Keukenhof Bistro

Kafe satu ini memiliki suasana yang menyenangkan dan hiasan yang estetik untuk berfoto. Kafe yang kental dengan suasana Belanda ini menyajikan makanan dan minuman yang berasal dari Indonesia maupun Belanda.

Menu yang patut dicoba adalah poffertjes atau kue tradisional asal Belanda yang dibuat dari tepung buckwheat, susu, ragi, sirup, mentega, garam, dan gula.

Harga dibanderol mulai dari Rp35.000 saja.

  • Kerak Telor
Kerak Telor
Pedagang Kaki Lima Kerak Telor

Jika Sobat Holopis ingin mencoba makanan di pedagang kaki lima, makanan khas betawi ini sangat cocok. Kerak Telor terbuat dari telur ayam, telur bebek, kelapa sangrai, kencur, cabe merah, jahe, garam, merica, dan gula.

Makanan ini banyak ditemui di kawasan Kota Tua dengan harga yang terjangkau, sekitar Rp20.000-Rp.30.000.

  • Es selendang mayang
Es Selendang Mayang
Pedagang Kaki Lima Es Selendang Mayang

Minuman ini cocok untuk Sobat Holopis setelah puas mengelilingi Kota Tua. Es selendang mayang terdiri potongan kue lapis yang berasal dari sagu dan tepung kue. Lalu ditambahkan santan dan gula untuk menambahkan cita rasa perpaduan gurih dan manis.
Satu gelas es selendang mayang harga dibanderol sebesar Rp5.000 saja.