Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Kabar Buruk Bagi Pecinta Game, Situs Steam Diblokir Kominfo

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Nampaknya para gamer dan steamer hari ini harus gigit jari. Pasalnya, situs web tersebut diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sebagai bentuk tindakan terhadap Penyelenggara Sistem Elektronik atau PSE yang masih membandel dan belum mendaftar hingga waktu yang ditentukan.

Sontak kata “steam” menjadi trending topik di Twitter pagi ini (30/7) bersamaan dengan “paypal” yang juga terkena pemblokiran Kominfo.

Aturan yang sempat mengancam Google dan gerombolan grup Meta seperti facebook dan instagtam ini akhirnya menunjukkan ketegasannya melalui pemblokiran beberapa PSE yang masih belum mendaftar seperti Steam.

Situs steam sendiri dilaporkan mulai tak bisa diakses di Indonesia sejak pukul 02.00 WIB dini hari tadi.

Situs Steam Diblokir Kominfo
Situs Steam Diblokir Kominfo

Sebelumnya, pada hari Jumat (29/7), Kominfo sudah melayangkan peringatan dan menjelaskan langsung maupun tertulis dalam blokirannya dengan berlindung di balik undang-undang konten negatif yang sama sekali tidak berhubungan dengan regulasi PSE itu sendiri.

“Jika belum mendaftar hingga pukul 23.59 WIB, saya sekali lagi meminta maaf kepada masyarakat untuk layanan ini untuk sementara waktu sampai menunggu mereka melengkapi pendaftaran tidak bisa diakses dari Indonesia,” tegas Direktur Jenderal (Dirjen) Aplikasi Informatika (Aptika) Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan dalam Media Gathering Kominfo ‘Literasi Digital dan Membuat Ruang Digital Kondusif’, Jumat (29/7)

Gamers Indonesia tampak gerah dengan pemblokiran beberapa situs penting dalam game seperti Steam, Origin, dan Epic Games yang secara serentak diblokir Kominfo. Melalui kicauan di twitter mereka menyayangkan sikap kominfo yang memblokir situs andalan mereka tersebut.

Namun, pemblokiran ini hanya bersifat sementara sampai PSE yang terblokir mendaftarkan diri ke Kominfo sesuai dengan ketentuan.

Untuk saat ini para gamers harus bersabar memainkan games favorit mereka menggunakan VPN untuk mengakses situs tersebut di PC.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

iOS 18 Meluncur, Lakukan Hal Ini Sebelum Update!

Apple telah resmi meluncurkan sistem operasi terbaru untuk smartphone iPhone mereka, yakni iOS 18. iOS anyar dari raksasa teknologi Amerika Serikat ini membawa segudang fitur baru dan peningkatan performa yang menarik.

Daftar iPhone yang Masih Kebagian iOS 18, Ada Punyamu?

Apple kembali menghadirkan inovasi terbaru melalui iOS 18. Sistem operasi ini membawa segudang fitur menarik yang membuat pengalaman pengguna iPhone semakin seru.

Roy Minta Kepala BSSN dan Budi Arie Dicopot Usai Data Ditjen Pajak Jebol

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pakar telematika, Roy Suryo merasa geram...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru