HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pare atau Momordica charantia adalah tumbuhan yang kaya akan serat dan makronutrisi. Tumbuhan ini dikenal rasa pahit. Namun, dengan rasanya yang pahit tidak membuat tumbuhan ini dihindari.

Banyak orang Indonesia yang gemar mengolah tumbuhan ini, mulai dari ditumis, direbus, digoreng, hingga dibuat keripik.

Nah, untuk mengurangi rasanya yang pahit, berikut disajikan empat tips agar olahan pare kamu terasa enak untuk dinikmati.

Yuk Disimak!

1. Rendam dengan asam jawa

Asam Jawa
Rendam pare dengan asam jawa

Asam jawa atau tamarin dikenal dengan rasanya yang asam dan kaya akan nutrisi. Ternyata tidak hanya itu, perasan asam jawa yang dilarutkan di dalam air juga dapat digunakan sebagai penghilang rasa pahit pada pare.

Kalian hanya perlu memotong-motong pare menjadi beberapa bagian, cuci hingga bersih, setelah itu rendam potongan pare dengan air perasan asam jawa dan diamkan selama 30 menit. Mudah bukan!

2. Goreng dengan teknik deep frying

Teknik deep frying
Goreng pare dengan teknik deep frying

Selain direndam dalam air perasan asam jawa, menggoreng pare dengan minyak penuh dan panas atau deep frying juga dapat mengurangi rasa pahit pada pare. Selain itu, teknik ini juga dikenal dapat membuat rasa pare kamu menjadi lebih lezat dan gurih.

3. Buang biji-biji pare

Biji-biji pare
Buang biji-biji pare

Kamu juga bisa mengurangi rasa pahit pada pare dengan memisahkan dan membuang biji-bijinya pada saat memasak sayur pare. Bagian yang berwarna putih yang digunakan sebagai tempat biji pare inilah yang sebenarnya membuat pare kamu terasa pahit. Jadi, dibuang saja ya.

4. Rendam dengan yogurt

yogurt
Rendam pare dengan yogurt

Selain asam jawa, kamu juga bisa merendam pare dengan yogurt. Kamu cukup merendam potongan pare yang sudah dicuci bersih ke dalam yogurt dengan tekstur yang encer kurang lebih satu jam sebelum kamu olah menjadi makanan siap santap.