Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

PBNU Umumkan Besok Tanggal 1 Muharram 1444 H

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, KH Siiril Wafa menyampaikan laporannya terkait proses rukyatul hilal (melihat bulan) yang dilakukan oleh lembaganya itu.

Dari proses rukyatul hilal yang dilakukan Jumat (29/7) sore tadi, setidaknya ada 5 (lima) lokasi yang menyatakan telah melihat hilal.

Hal ini tertuang di dalam surat pengumuman Lembaga Falakiyah PBNU dengan nomor : 025/LF-PBNU/VII/2022 tentang awal bulan Muharram 1444 H.

“Laporan tiap lokasi rukyat yang menyelenggarakan rukyatul hulal pada saat ini terlampir. Terdapat 5 lokasi yang melihat hilal,” kata Kiai Sirril.

Atas dasar itu, maka pihaknya pun menyatakan bahwa 1 Muharram 1444 H atau Tahun Baru Islam tiba pada hari Sabtu 30 Juli 2022.

“Awal bulan Muharram 1444 H bertepatan dengan Sabtu Pahin 30 Juli 2022 M (mulai malam Sabtu) atas dasar rukyah,” tegasnya.

Kemudian, ia juga mengimbau kepada seluruh jajaran lembaga Falakiyah PWNU dan PCNU di seluruh Indonesia, untuk aktif menyebarluaskan informasi tersebut kapada masyarakat, khususnya warga Nahdliyyin.

Lembaga Falakiyah 1 Muharram 1444 H

Doa awal tahun

Terakhir, kiai Siiril Wafa juga mengajak masyarakat Muslim di Indonesia untuk memanjatkan doa awal tahun seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah Muhammad SAW.

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Allâhumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa ‘alâ fadhlikal ‘azhîmi wa karîmi jûdikal mu‘awwal. Hâdzâ ‘âmun jadîdun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithâni wa auliyâ’ih, wal ‘auna ‘alâ hâdzihin nafsil ammârati bis sû’I, wal isytighâla bimâ yuqarribunî ilaika zulfâ, yâ dzal jalâli wal ikrâm.

Artinya: “Ya Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S

Pasca Diresmikan Jokowi, PT JSN Lakukan Pengalihan Transaksi Gerbang Tol Colomadu

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sehubungan dengan telah diresmikannya Jalan Tol Joga-Solo...

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru