HOLOPIS.COM, JAKARTA – Meskipun baru saja melakukan berbagai latihan perang jika diserang oleh China, ternyata banyak warga Taiwan yang menganggap bahwa ancaman China hanyalah perkataan belaka.

“Bagi rakyat Taiwan, ancaman China tidak pernah berhenti dalam beberapa dekade terakhir. Ini terjadi setiap hari,” kata Anggota Parlemen Partai Progresif Demokratik, Wang Ting Yu, dilansir dari Reuters, Kamis (28/7).

Meski demikian, ia mengatakan warga Taiwan harus tetap waspada. Namun bukan berarti akan terlarut dalam rasa takut.

Sementara itu, seorang profesional pendidikan Chen Yen Chen yang juga mewaliki warga Taiwan mengatakan, ancaman dari China hanyalah intimidasi dan tidak ada yang perlu ditakutkan dari perkataan mereka.

“Ini hanya ancaman verbal, dan intimidasi belaka. Kali ini saya cukup tenang,” kata Chen Yen Chaen.

China beberapa kali mengatakan bahwa Taiwan adalah bagian dari wilayah mereka. Mereka juga tak ragu untuk menggunakan kekerasan dalam merebut kembali Taiwan, jika memang diperlukan.

Sejak ancaman dari China dan sebagai sikap berhati-hati, Taiwan melakukan latihan perang jika seandainya diserang oleh China. Latihan perang tersebut berjalan serius, hingga menghentikan kegiatan di beberapa wilayah Taiwan selama 30 menit.