HOLOPIS.COM, JAKARTA – Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib mengatakan, bahwa pihaknya akan menggelar Festival Masjid Nasional 2022 pada pertengahan bulan Agustus nanti.

Menurutnya, kegiatan tersebut adalah sebuah rencana yang baru pertama kali dilakukan oleh Kemenag sebagai bentuk pemerintah memperkuat peran masjid di berbagai aspek.

“Kita akan menyelenggarakan Festival Masjid Nasional. Festival ini bertujuan memperkuat peran masjid dalam berbagai sisi,” kata Adib, Kamis (28/7).

Adib menjelaskan, puncak Festival Masjid Nasional tahun 2022 akan beriringan dengan peresmian Masjid Muhammad Bin Zayed (MBZ) Solo yang dirancang mirip Grand Mosque di Abu Dhabi dan akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo dan Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ).

“Jadi puncak Festival Masjid Nasional akan beriringan dengan peresmian Masjid MBZ. Kita berharap peran masjid semakin kuat sebagai pusat perkembangan ekonomi umat, pusat kreativitas, pusat peningkatan literasi umat melalui masjid, dan peran lainnya,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia berharap bahwa melalui acara ini, masyarakat kembali ke masjid memperkuat kohesi sosial, terutama menghadapi event-event politik, karena tidak jarang masjid dimanfaatkan untuk kepentingan politik praktis. Menurunya, jika dibiarkan akan menimbulkan segregasi sosial.

“Jangan sampai kepentingan politik praktis itu masuk ke masjid. Itu jangan sampai terjadi. Jadi bagaimana kita menjadikan masjid sebagai pemersatu umat, bukan pemecah belah,” pungkasnya.