HOLOPIS.COM, JAKARTA – Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) pada Kamis (28/7), secara resmi telah mengumumkan bahwa JIP sebagai nama maskot FIBA World Cup 2023.

Dilansir dari situs resmi FIBA Kamis (28/7), dipilihnya JIP sebagai nama maskot FIBA World Cup 2023, merupakan hasil dari jajak pendapat para penggemar bola basket.

Menurut FIBA dalam jajak pendapat tersebut, setidaknya hampir 100 ribu pecinta bola basket yang ikut berpartisipasi menamai maskot FIBA World Cup 2023 mendatang.

JIP di ambil dari nama tim tuan rumah FIBA World Cup 2023 itu sendiri, yakni Jepang, Indonesia dan juga Filipina.

Nama JIP tersebut juga dinilai sangat sesuai dengan visi para penciptanya ketika merancang maskot robot basket tuk FIBA World Cup 2023 yaitu, menyatukan orang dan mewakili mereka semua.

Terkait hal ini, David Crocker selaku Direktur Eksekutif FIBA World Cup 2023 juga menyampaikan bahwa, nama JIP sangat cocok untuk maskot yang dirancang.

“Karena menggabungkan dan menyatukan ketiga negara tuan rumah (red-yakni Jepang, Indonesia dan Filipina),” sambungnya.

“Pengumuman ini bertujuan untuk membangun kegembiraan untuk turnamen tahun depan, tetapi juga memberikan kesempatan bagi para penggemar untuk bertemu dan berinteraksi dengan maskot unik ini di akhir bulan di Jakarta, Okinawa dan Manila melalui beberapa kegiatan yang menyenangkan,” ujarnya.

Khusus mengenai hal ini, pada akhir pekan nanti yakni Sabtu (30/7) dan Minggu (31/7), para pecinta bola basket di ketiga negara tuan rumah diberi kesempatan untuk bertemu langsung dengan JIP, si maskot FIBA World Cup 2023.

Untuk di Indonesia sendiri, JIP dapat ditemui di Mall Sarinah, Jakarta pada Sabtu (30/7) dan Minggu (31/7) pukul 15.00 WIB sampai 17.00 WIB.

Hal ini juga disambut baik oleh Cahyadi Wanda selaku Ketua Komite manajemen Bersama Indonesia untuk FIBA World Cup 2023, di mana ia mengatakan bahwa turut bergembira memiliki JIP sebagai maskot turnamen basket paling bergengsi nanti.

“JIP mewakili semua yang ingin diperkuat oleh turnamen ini, termasuk hubungan yang kuat antara tiga negara tuan rumah, dan yang terpenting, maskot itu menarik untuk anak-anak, semoga bisa turut menularkan kecintaan terhadap bola basket kepada generasi penerus,” ujarnya.

Sementara, untuk di Filipina JIP bisa ditemui di Mall of Asia Central Atrium Manila. Berbeda untuk Jepang, di mana JIP akan tamil sebagai tamu istimewa di berbagai program televisi dan juga akan ada di acara One Year to Go FIBA World Cup 2023.