HOLOPIS.COM, JAKARTA – Buah plum merupakan buah yang banyak dibudidayakan di berbagai belahan negara barat, seperti Eropa dan Amerika. Tak heran jika banyak orang Indonesia yang belum mengenal apa itu buah plum.

Buah plum mengandung banyak manfaat yang baik bagi tubuh, seperti kaya akan antioksidan, menangkal radikal bebas, mengandung vitamin A, C, B1, B2, B3, B6, B9, B12, K, serat, dan lain-lain.

Namun, tidak sedikit orang Indonesia yang tidak tahu bagaimana cara mengkonsumsi buah dengan sejuta manfaat ini. Berikut disajikan empat cara mengkonsumsi buah plum, agar kalian tidak kesulitan lagi.

Yuk, disimak!

1. Acar Buah Plum

Buah Plum
Acar buah buah plum

Buah plum dapat diolah menjadi acar. Acar buah ini yang paling terkenal yaitu umeboshi atau acar buah plum Jepang. Mungkin bagi sebagian orang Indonesia akan merasa asing dengan istilah acar buah plum ini, karena memang acar ini lebih banyak diproduksi di Jepang, Cina, dan Italia.

Disana, orang-orang tidak memakan acar ini begitu saja, namun ditambah dengan nasi sebagai makanan pendamping. Tidak hanya nasi, buah plum juga cocok jika disajikan dengan daging panggang, sup, dan ikan kukus.

2. Diolah Menjadi Selai

Buah plum
Selai buah plum

Selanjutnya, buah plum juga dapat diolah menjadi selai. Selai buah plum ini nikmat jika disajikan dengan kue, pancake, es cream, roti, dan lain-lain.

Proses pembuatan selai ini tidak sulit, kalian hanya perlu memanaskan buah plum, sedikit air lemon, air secukupnya, dan gula. Setelah dipanaskan beberapa saat, adonan tadi akan mengental menjadi selai. Wow, cukup mudah bukan?

Apabila kalian ingin memberi rasa yang berbeda pada selai buah plum, kalian bisa menambahkan ekstrak bunga lawang (pekak), ekstrak vanila, dan kayu manis.

  1. Sorbet Buah Plum
Buah plum
Sorbet buah plum

Iklim di Indonesia yang cukup panas ini, sepertinya tepat jika kalian mencoba olahan plum menjadi sorbet. Cara membuatnya cukup mudah, kalian bisa membuat di rumah dengan alat dan bahan sederhana.

Kalian hanya perlu mempersiapkan sejumput garam, buah plum yang sudah dihaluskan, gula, air lemon, dan alat pembuat es krim dan food processor atau blender, jika kalian tidak punya, tidak perlu bingung, kalian cukup masukkan adonan plum ke dalam freezer.

Cukup mudah bukan, yuk dicoba!

4. Dimakan langsung

Buah plum
Buah plum dimakan langsung

Apabila kalian malas mengolah buah ini, kalian juga bisa mencoba makan buah plum ini secara langsung tanpa diolah. Kalian hanya perlu mencuci buahnya dengan air bersih, belah menjadi dua bagian, dibuang bijinya, dan siap disantap.

Buah ini juga cocok disandingkan dengan salad, oatmeal, dan makanan penutup. Mudah dan enak bukan!