HOLOPIS.COM, JEPANG – Presiden Jokowi menyampaikan rasa turut berbelasungkawa atas meninggalnya mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pada beberapa waktu lalu.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat bertemu secara langsung dengan PM Jepang Fumio Kishida dalam rangka kunjungannya di Asia Timur.

“Atas nama masyarakat Indonesia, sekali lagi saya menyampaikan rasa dukacita yang mendalam atas meninggalnya mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe,” kata Jokowi, Rabu (28/7).

Kepada Fumio, Jokowi mengenang sosok Shinzo yang berperan besar dalam hubungan bilateral antara Indonesia dengan Jepang selama ini.

“Beliau adalah pemimpin Jepang yang telah membawa hubungan kedua negara kita menjadi kemitraan strategis,” ungkapnya.

PM Kishida dalam sambutan pengantarnya pun sebelumnya juga menyampaikan apresiasinya atas kedatangan Presiden Jokowi ke Jepang.

“Selamat datang di Jepang, saya sangat mengapresiasi kedatangan Presiden Jokowi sebagai ketua G20. Terima kasih juga atas sambutan hangatnya saat saya ke Indonesia akhir April lalu,” kata PM Kishida.

PM Kishida juga menyampaikan terima kasih atas ucapan belasungkawa Presiden Jokowi dan masyarakat Indonesia kepada mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe.

“Kami akan terus membela demokrasi dan melanjutkan kerja almarhum untuk memperkuat hubungan baik dan kerja sama dengan Indonesia,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menyampaikan terima kasih atas dukungan Jepang terhadap Presidensi Indonesia di G20

“Saya berharap PM Kishida hadir dalam KTT G20 nanti di Bali, di bulan November,” tutup Jokowi.