HOLOPIS.COM, PAPUA – Pasukan Tentara Nasional Indonesia (TNI) berinisiatif membantu masyarakat untuk membantu tenaga pendidikan di Distrik Waris, Kabupaten Keerom

Komandan Satgas Pengamanan Perbatasan Yonif 126/Kala Cakti, Letkol Inf Dwi Widodo mengatakan, langkah itu diambil dikarenakan minimnya tenaga pendidikan di daerah perbatasan.

“Kurangnya tenaga pendidik di wilayah perbatasan khususnya Papua, menjadi salah satu perhatian kami. Kami mendukung program pemerintah di bidang pendidikan,” kata Dwi, Rabu (27/7).

Sekolah SD Negeri 1 Bompay, Distrik Waris, Kabupaten Keerom pun kemudian menjadi salah satu sekolah yang mendapatkan kesempatan tenaga pengajar dari unsur militer tersebut.

“Kami ingin ikut membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan dan meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan,” terangnya.

Kegiatan ini pun merupakan hasil kerjasama Satgas dengan Dinas Pendidikan Kab. Keerom dan Sekolah setempat.

Dalam kegiatannya, mereka siap menyediakan personel Satgas sebagai tenaga pendidik. “Personel kami sebelum berangkat penugasan di perbatasan Papua, telah dibekali kemampuan yang baik untuk dapat mengajar di sekolah,” imbuhnya.

Sementara itu, Rita (35), salah satu guru mengungkapkan rasa bangga kepada anggota TNI yang peduli dengan pendidikan dan masa depan  anak-anak Papua di perbatasan.

“Terima kasih dengan adanya kehadiran Bapak Satgas, anak-anak semakin bersemangat mengikuti pelajaran karena cara Bapak TNI mengajar sangat unik dan menarik,” ungkap Rita.