HOLOPIS.COM, JAKARTA – Mantan juru bicara DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Dedek “Uki” Prayudi memberikan sentilan keras kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan yang mengutamakan citra politik ketimbang kualitas pekerjaan.

“Kalau soal estetik, pak Anies itu paling jago. Kerja beliau itu ya kerja kosmetik,” kata Uki, Senin (25/7).

Hal ini ia utarakan karena Anies lebih memilih estetika semata, sementara kualitas Jakarta International Stadium (JIS) buruk pasca ambrolnya tembok pembatas saat grand launching.

“Kalau kualitas kerja, beliau itu paling jeblok. Stadion yang kamu bilang kelewatan bagusnya itu langsung ambrol pembatas tribunnya saat launching,” ujarnya.

Ia khawatir, ambruknya tembok pembatas tribun JIS menunjukkan kualitas bangunan yang saat ini menjadi kebanggaan Anies tersebut.

“Itu baru bahas benda mati yang kerjanya gak beres, padahal anggaran fantastis yang 80 persennya pakai dana Pemulihan Ekonomi Nasional,” tandasnya.

Detik-detik tembok pembatas JIS jebol

Demografer muda itu juga menyoroti tentang indeks kebahagiaan warga DKI Jakarta sepanjang kepemimpinan Anies Baswedan sebagai Gubernur hasil Pilkada 2017 itu.

“Belum lagi bicara kebahagiaan dan kesejahteraan warganya,” tambah Uki.

Dari data yang dikutip Uki, ditemukan angka kemiskinan di DKI Jakarta per September 2021 mencapai 4,67 persen atau mendekati situasi pada tahun 2007 alias 15 tahun yang lalu.

Data ini dikutip dari Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta. Mereka melaporkan bahwa ;

  • Bulan September 2019, penduduk miskin 362.300 atau 3,42%

  • Bulan September 2020, penduduk miskin 496.840 atau 4,69%

  • Bulan September 2021, penduduk miskin 498.290 atau 4,72%