HOLOPIS.COM, JAKARTA – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, sentil Baim Wong agar mencabut pendaftaran ‘Citayam Fashion Week’ (CFW) sebagai hak kekayaan intelektual atau HAKI ke Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

“Saran saya, pendaftaran HAKI ke Kemenkumham dicabut saja,” kata Ridwan, melalui akun Instagramnya @ridwankamil, Selasa (26/7).

Ridwan Kamil, juga memberikan nasehat kepada Baim Wong, Paula Verhoeven, dan perusahaannya agar tidak mengkomersilkan CFW.

“Nasehat saya, tidak semua urusan di dunia ini harus selalu dilihat dari sisi komersial,” ujarnya

Menurutnya, fenomena tersebut tumbuh secara tidak sengaja berasal masyarakat dan perkembangannya pun dilakukan oleh komunitas yang meramaikan.

“Fenomena #CitayamFashionWeek itu adalah gerakan organik akar rumput yang tumbuh kembangnya harus natural dan organik pula,” lanjutnya.

Mantan Walikota Bandung itu menambahkan, jika hal itu dibuat formal dan mewah oleh seseorang akan menghilangkan substansi dari tren tersebut.

“Sekalinya diformalkan dan dimewahkan, apalagi oleh orang luar, malah akan hilang tujuan dan maksudnya,” tuturnya.

Selain itu, ruang kekreatifitasan anak muda akan cepat menghilang jika banyak orang luar bermaksud mengubah dan ikut campur.

“Biasanya gerakannya malah akan mati muda,” tambahnya..

Ia menghimbau agar tren ini tetap tumbuh di jalanan sebagaimana awal terbentuknya CFW.

“Biarkan ini jadi cerita, bahwa fashion jalanan tetap adanya di jalanan. Bukan di Sarinah, bukan di podcast, bukan pula harus menginternasional,” katanya..

Selanjutnya, fenomena tersebut sebagai bentuk ruang ekspresi anak muda sehingga orang-orang diluar komunitas tidak perlu mencampuri hal-hal terkait nasib tren ini.

“Ada kalanya mereka hanya butuh ruang ekspresi. Dan tidak perlu negara turut campur terlalu jauh. Tidak perlu pula individu2 di luar komunitasnya ikut-ikutan mengatur-ngatur,” jelasnya.

Selanjutnya, Ridwan Kamil menegaskan apabila tren CFW ingin diformalkan, maka hal tersebut menjadi urusan komunitas.

“Jika pun ingin diorganisasikan lebih baik, biarlah mereka sendiri yang mengurusnya melalui komunitasnya. Oleh mereka bukan anda,” pungkasnya.

Diketahui, hingga hari ini Baim Wong belum mencabut pendaftaran HAKI ‘Citayam Fashion Week’ yang didaftarkannya pada (20/7) dengan nomor permohonan JID2022052181. Akibat aksinya ini, menuai pro dan kontra dikalangan masyarakat.