HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Taiwan Tsai Ing-wen berangkat menggunakan kapal perang angkatan laut pada hari Selasa (26/7). Tsai Ing-wen tengah memuji militernya atas tekad mereka dalam mempertahankan negara.

“Latihan yang hebat. Ini mendemonstrasikan kemampuan dan kegigihan kita untuk mempertahankan pulai ini. Ayo lanjutkan dan jaga tanah kita. Kerja yang bagus,” kata Tsai, dilansir dari Reuters, Selasa (26/7).

Taiwan baru saja melakukan latihan perang untuk persiapan jika China akan menyerang mereka dan berusaha mengambil alih negaranya dengan paksa.

Tanpa pikir panjang, Taiwan langsung melakukan latihan perang serius dan sampai menghentikan kegiataan di perkotaan hingga 30 menit.

Invasi yang dilakukan Rusia terhadap Ukraina membuat Taiwan semakin khawatir bahwa hal serupa bisa terjadi kepada mereka melihat China yang semakin blak-blakan ingin menyerang.

China beberapa kali mengatakan bahwa Taiwan adalah bagian dari wilayah ChinA, mereka juga tidak ragu untuk melakukan kekerasan dalam merampas kembali tanah tersebut jika diperlukan.

Sementara itu, Amerika Serikat telah meyakinkan Taiwan bahwa mereka siap memberikan bantuan kepada Taiwan agar mereka bisa mempertahankan tanah mereka sendiri. Pernyataan itu pun semakin memperburuk hubungan antara China dan Amerika Serikat.