Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Kemenkumham Ajak Masyarakat Tanggapi Pengajuan Merek Citayam Fashion Week

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Kekayaan Intelektual, Razilu, mengatakan bahwa semua pihak dapat mengajukan keberatannya dalam pengajuan merek ‘Citayam Fashion Week’ di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Hal tersebut, merespon ramainya publik yang berang karena merek ‘Citayam Fashion Week’ akan dipatenkan oleh Baim Wong dan tiga orang lainnya yang dianggap tidak berhak atas kepemilikan merek tersebut.

“Jadi siapa saja ketika pada saat dipublikasikan mengajukan oposisi kepada kita atau semacam keberatan, saya keberatan dengan merek ini, sebenarnya dia tidak berhak,” kata Razilu, dalam konferensi pers, Selasa (26/7).

Menurut Razilu, siapa saja dapat mengajukan keberatan pengajuan merek asalkan argumen digunakan jelas. Dalam hal ini, publik dapat menyampaikan tanggapannya terkait merk ‘Citayam Fashion Week’ yang akan dikomersialkan beberapa orang.

Ia menjelaskan, bahwa dalam pengajuan merek terdapat persyaratan administratif dan substantif. Jika tidak memenuhi persyaratan administratif maka statusnya akan ditarik kembali. Namun, apabila tidak memenuhi syarat substantif maka statusnya ditolak.

Selanjutnya, setelah pemeriksaan formalitas selama 15 hari akan dipublikasikan untuk menerima tanggapan publik selama 2 bulan.

“Itu semua akan dijadikan bahan dasar pemeriksaan substantif, di pemeriksaan substantif inilah kemudian akan menentukan apakah dia nanti berhak didaftar atau ditolak,” lanjutnya.

Kemudian, Razilu menghimbau agar pemohon merek memperhatikan hal penting ini saat pengajuan merek, yakni etika baik dan integritas merek.

“Saya bisa pastikan akan mengalami kelelahan karena akan berproses lebih panjang, dia sendiri akan mengeluarkan effort yang lebih besar, biaya yang lebih besar, karena pasti akan ada gugatan keberatan dari berbagai macam pihak,” jelasnya.

Ia menegaskan, Kemenkumham akan membentuk tim yang akan memeriksa perkara ini secara lebih ketat untuk membuktikan apakah merek ini layak diberikan atau tidak.

“Untuk merek ini kita akan bentuk tim yang tepat untuk melakukan pemeriksaan. Jadi tidak akan diperiksa oleh satu orang, akan diperiksa lebih untuk membuktikan layakkah yang berhak mengajukan merk Citayam Fashion Week ini berhak atau tidak,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Masyarakat Sumbar Penuhi Karangan Bunga Ucapan di Polres Pariaman

HOLOPIS.COM, PADANG - Masyarakat Sumbar ramai-ramai memberikan karangan bunga...

Susi Pudjiastuti Bersyukur Pilot Philip Mehrtens Bebas dari Jerat Teroris Papua

Susi Pudjiastuti merespon kabar bebasnya Kapten Pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens dari jeratan teroris Papua atau OPM kelompok Egianus Kogoya di wilayah Nduga, Papua.

Susi Bersyukur Philips Berhasil Bebas, Ucap Terima Kasih ke Jokowi-Prabowo dan TNI Polri

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Bos Susi Air, Susi Pudjiastuti menyampaikan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru