HOLOPIS.COM, JAKARTA – Rishi Sunak berjanji akan lebih keras dengan China jika ia terpilih menjadi Perdana Menteri Inggris. Tak tanggung-tanggung, Sunak mengatakan bahwa negara superpower Asia tersebut adalah ancaman kemanan domestik sekaligus global.

“Saya akan tendang Partai Komunis China (CCP) dari universitas kita,” kata Sunak blak-blakan demi meyakinkan para calon pemilihnya, dilansir dari AFP, Senin (25/7).

Dalam pernyataan tersebut, Sunak menyebutkan bahwa salah satu langkahnya dalam melawan pengaruh China adalah dengan menutup seluruh 30 institut Kondusisus agar menghapus pengaruh China dari program budaya dan bahasa.

Supaya semakin total, usaha Sunak juga akan menggaet agen mata-mata domestik Inggris MI5. Agen ini akan diarahkan untuk memerangi spionase China, dan membangun kerja sama internasional seperti NATO. Usaha itu ia lakukan untuk mengatasi ancaman China terutama dari dunia maya.

Saat ini, pertarungan kursi panas Perdana Menteri Inggris akan diperebutkan oleh dua kandidat yaitu Mantan Menteri Keuangan Rishi Sunak, dan Menteri Luar Negeri Inggris, Liz Truss.

Perdana Menteri Inggris untuk menggantikan Boris Johnson akan diumumkan pada bulan September 2022 mendatang.