HOLOPIS.COM, JAKARTA – Walaupun sudah berhati-hati, sebagai manusia biasa kita pasti pernah melakukan kesalahan hingga melukai diri sendiri. Luka bakar juga tidak sulit kita dapatkan.

Luka bakar bisa diderita jika kita tak sengaja memegang sesuatu yang panas di dapur, dari catokan, atau tersiram air panas.

Jika luka bakar yang Sobat Holopis derita masih masuk dalam kategori ringan, ini dia langkah-langkah pertolongan pertama yang bisa dilakukan dilansir dari Halodoc.

Bilas Menggunakan Air Dingin

Hal paling pertama adalah siram luka bakar dengan air dingin mengalir selama sekitar 20 menit. Lalu bersihkan luka agar tidak terinfeksi.

Beri Kompres Dingin

Pakai kompres dingin di atas luka bakar. Ini bisa membantu mengurangi rasa nyeri dan membengkak.

Hindari Dulu Paparan Sinar Matahari

Agar cepat sembuh, hindari dulu paparan sinar matahari kepada luka bakar anda. Ingat, kulit yang baru saja terbakar lebih sensitif kepada panas matahari. Sehingga tutupi luka bakar anda jika harus terkena matahari.

Jangan Pecahkan Lepuhan Akibat Luka Bakar

Meskipun terlihat gemas, jangan pecahkan lepuhan akibat luka bakar. Ini bisa menyebabkan infeksi dan bekas luka yang susah hilang. Gunakan obat penghilang bekas luka yang anda punya.