HOLOPIS.COM, JAKARTA – Salah satu netizen, Rudi Valinka memberikan kritikan terkait dengan kualitas bangunan yang ada di Jakarta International Stadium (JIS).

Menurutnya, kualitas bangunan yang menjadi salah satu kebangaan Anies Baswedan ini memiliki kualitas yang sangat buruk. Pasalnya, di bagian tribun disebut-sebut hanya mengandalkan hebel tanpa besi penguat.

“Gue pernah beberapa kali lakukan audit konstruksi, salah satu sumber korupsi adalah wiremesh atau rangka besi. Susah diperiksa karena sudah tertutup semen oleh kontraktor,” kata Rudi, Senin (25/7).

Ia pun menyarankan agar Kejaksaan maupun Kepolisian melakukan pemeriksaan ulang terhadap kualitas bangunan yang saat ini sudah diserahkan Anies kepada Jakmania, khususnya terhadap RAB (rancangan anggaran biaya).

“Kejaksaan dan Polisi harus cek RAB stadion JIS apa betul tanpa rangka besi? Indikasi korupsi jelas neh?,” ujarnya.

Bahkan yang menjadi soal menurutnya, bahwa saat ini beberapa bagian di stadion tersebut ternyata sudah menunjukkan kerusakan. Salah satunya adalah temuan video tembok tribun yang retak panjang sehingga berpotensi membahayakan penonton.

“Video penampakan pagar pembatas stadion sebelum rubuh sangat jelas ada retakan besar dan berbahaya yang didiamkan saja,” tandasnya.

Influencer pemilik akun twitter @kurawa ini mengatakan bahwa tak heran ketika ada pihak-pihak balaikota yang menyalahkan bahwa robohnya tribun penonton akibat ulah penonton yang tidak tertib.

“Mereka yang nuduh ini ulah supporter gak usah heran, karena mereka sebagai BuzzeRp balaikota memang harus lihai jilatnya walau kelihatan bego 😁,” pungkasnya.

https://twitter.com/kurawa/status/1551423409896038401?s=20&t=wKxORtoWcvmntfC69d_U1Q

Perlu diketahui, bahwa pagar tribun bagian utara penonton di JIS roboh saat menjelang puncak grand launching JIS pada hari Minggu 24 Juli 2022. Walaupun tak ada korban jiwa, namun tampak ada satu orang penonton yang terpaksa dievakuasi karena terkena dampaknya.