HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kementrian Kesehatan Singapura (MOH) tidak merekomendasikan vaksinasi massal cacar monyet pada populasi Singapura. Hal tersebut karena, sejauh ini cacar monyet masih dinilai sebagai penyakit yang bisa sembuh sendiri.

“Untuk saat ini, karena cacar monyet adalah penyakit yang bisa sembuh sendiri, MOH tidak merekomendasikan vaksinasi massal kepada seluruh populasi Singapura, karena keuntungannya tidak melebihi risikonya,” kata Menteri Kesehatan Singapura Ong Ye Kun, dilansir dari CNA, (25/7).

Keputusan ini diambil Singapura meskipun WHO baru saja mengumumkan bahwa cacar monyet sudah termasuk darurat kesehatan global dan patut menjadi kehawatiran masyarakat.

Meski demikian, Ong menyampaikan bahwa pihaknya akan terus memonitor perkembangan cacar monyet.

“Tidak ada bukti bahwa infeksi ini menular secara komunitas. MOH akan terus mengkarantina mereka yang melakukan kontak dekat dengan pasien hingga 21 hari, sementara risiko rendah akan terus dimonitor,” lanjutnya.

Penyebaran infeksi cacar monyet terjadi sejak bulan Mei di luar wilayah Afrika Barat dan Afrika Tengah, di mana virus tersebut biasanya ditemukan.