HOLOPIS.COM, JAKARTA – Federasi Bola Basket Internasional (FIBA), meyakini bahwa gelaran FIBA World Cup atau Piala Dunia Basket 2023 di Indonesia mendatang akan tetap berjalan meriah, walaupun tak dihadiri Skuad Garuda selaku tuan rumah.

Dilansir dari Antara Minggu (24/7), ada pun alasannya dikatakan langsung oleh Predag Bogosavljev selaku Direktur Olahraga dan Kompetisi FIBA yang mengatakan, deretan pemain kenamaan basket dunia yang akan hadir langsung diyakini menjadi daya tarik tersendiri bagi penonton.

“Kami optimistis karena pebasket terbaik dunia akan datang ke Indonesia. Mereka akan menginspirasi bola basket Indonesia. Ada penggelamr dari luar negeri juga yang akan datang yang saya rasa akan memberikan atmosfer tak terlupakan di FIBA World Cup 2023,” ujar Predag.

Dalam kesempatan yang sama, persiapan FIBA World Cup 2023 Indonesia juga turut diapresiasi oleh Hamane Niang selaku Presiden FIBA, ia pun meniai bahwa tahap pembangunan Indonesia Arena yang masih berjalan telah memenuhi standar.

“Sangat senang bisa mengunjungi Jakarta. Bangunan ini sangat penting untuk persiapan FIBA World Cup 2023. Ini proyek yang sangat ambisius dan saya sangat senang melihat langsung infrastruktur ini,” kata Niang.

Diketahui, Indonesia Arena itu sendiri merupakan venue multifungsi yang dibangun untuk menyambut gelaran FIBA World Cup 2023, di mana kontrak proyek pembangunan venue tersebut menelan biaya sampai Rp 639 Miliar, dengan kapasitas sebesar 16 ribu orang yang dilengkapi fasilitas kelas dunia.

Sebagai informasi tambahan, timnas basket Indonesia dipastikan tak akan berpartisipasi dalam ajang FIBA World Cup 2023 mendatang.

Mengingat, timnas basket Indonesia gagal memasuki babak perempat final FIBA Asia Cup 2023, usai kalah melawan China dengan skor telak 108-58, di mana hal itu menjadi syarat masuk FIBA World Cup 2023.