Banjir Rendam Satu Desa di Luwu Utara

HOLOPIS.COM, SULSEL – Bencana banjir melanda pemukiman warga di salah satu desa yang ada di Kabupaten Luwu Utara Provinsi Sulawesi Selatan.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, banjir yang terjadi sejak Kamis (22/7) lalu disebakan tingginya intensitas hujan.

“Hujan sedang hingga lebat di area hulu Sungai Baliase, debit air naik dan meluap hingga merendam satu desa di Kabupaten Luwu Utara, ” kata Abdul, Minggu (24/7).

Abdul mengungkapkan, kondisi terkini di lokasi banjir sudah mulai surut.bKondisi hujan yang mereda mendukung surutnya genangan di desa terdampak.

Banjir yang terjadi di Desa Hasana, Kecamatan Mappadeceng itu menyebabkan setidaknya sebanyak 10 rumah, satu pasar dan dua unit fasilitas pendidikan terendam banjir dengan tinggi muka air kurang lebih 50 sentimeter.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu Utara melakukan asesmen dan pemantauan langsung ke lokasi terdampak serta berkoodinasi dengan instansi terkait dalam percepatan penanganan banjir.

BPBD melaporkan banjir di lokasi berangsur surut dan warga tetap bertahan di rumah masing-masing. Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa ini.

Exit mobile version