HOLOPIS,COM, JAKARTA – Zainudin Amali selaku Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, berharap bahwa penonton atau supporter yang hadir di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) harus mematuhi aturan yang berlaku.

Dilansir dari rilis yang didapat Tim Holopis.com Sabtu (23/7), hal tersebut disampaikan Menpora Amali dengan tujuan untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan selama laga berlangsung.

“Pemerintah mengharapkan supaya penonton atau suporter untuk mematuhi aturan yang nanti diterapkan kepolisian dan juga Panpel, karena hanya itu yang menjadi penguat GBLA untuk diizinkan sebagai tempat untuk melakukan pertandingan,” ujar Menpora Amali saat meninjau Stadion GBLA, yang rencananya akan digunakan klub Persib Bandung untuk menggelar laga kandang di Liga 1 2022/2023.

Dalam peninjauannya, Menpora Amali kemudian mendapat penjelasan langsung dari pihak kepolisian, dalam hal ini dari Kapolda Jawa Barat yakni Irjen Suntana terkait pengamanan. Ada pun penjelasan disampaikan oleh Teddy Tjahjano selaku Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) mengenai tiket pertandingan.

“Kita punya atensi secara khusus, maka untuk memastikan itu saya datang,” tambahnya.

Lanjutnya, Menpora Amali mengungkapkan bahwa secara keseluruhan apa yang sudah dijelaskan oleh Kapolda Jawa Barat, yakni Irjen Suntana dan Teddy Tjahjano selaku panitia dan juga penanggung jawab di Persib cukup memadai.

Senada dengan Menpora Amali, Ketua Umum (Ketum) PSSI yakni Mochamad Iriawan juga menyampaikan bahwa suporter yang datang ke GBLA harus mematuhi aturan yang ada.

“Kepada suporter dimana pun berada, kami harap sesusai apa yang disampaikan oleh manajemen, oleh federasi, dan oleh pemerintah, aturan harus ditaati. Yang datang kesini harus sudah punya tiket,” ungkap Iriawan.

Sementara, Irjen Sunanta menegaskan bagi seluruh penonton atau suporter yang hadir di GBLA wajib memiliki tiket.

“Kami sudah beberapa kali koordinasi secara melekat dengan Panpel untuk mempersiapkan pertandingan di GBLA. Kami akan memulangkan orang yang tidak bawa tiket. Tidak ada pembelian tiket di stadion, semuanya online. Kami akan melakukan pengawasan secara ketat,” tegas Sunanta.

Irjen Sunanta juga menghimbau, seluruh suporter dan penonton yang hadir di GBLA dilarang keras membawa barang berbahaya.

“Para Kapolres akan datang ke titik kumpul keberangkatan suporter untuk memastikan yang datang kesini orang yang punya tiket. Kami Polda Jabar siap mengamankan dan memberikan pelayanan maksimal,” tambahnya,