Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizSuku Bunga Kredit di Juni 2022 Turun, Segini Besarannya

Suku Bunga Kredit di Juni 2022 Turun, Segini Besarannya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Erwin Haryono melaporkan suku bunga pinjaman dan simpanan pada periode bulan Juni 2022 mengalami penurunan jika dibanding dengan bulan sebelumnya. Tercatat, rata-rata tertimbang suku bunga kredit tercatat sebesar 8,9 persen, atau turun 5 basis poin (bps) dari bulan sebelumnya yang tercatat 8,99 persen.

“Rata-rata tertimbang suku bunga simpanan berjangka juga mengalami penurunan pada hampir seluruh jenis tenor,” ujar Erwin Jumat (22/7).

Erwin merinci, suku bunga simpanan berjangka dengan tenor 3 bulan tercatat menurun ke level 2,97 persen, 6 bulan jadi 3,21 persen, 12 bulan terdepresi terkoreksi 3,27 persen dan 24 bulan juga tercatat menurun ke 3,50 persen.

Meski demikian, suku bunga simpanan berjangka 1 bulan masih tercatat mengalami peningkatan sebesar 2,84 persen pada bulan laporan.

Lebih lanjut, Erwin mengatakan, bahwa suku bunga perbankan terus menunjukkan penurunan sejalan dengan tren perbaikan persepsi risiko

Di pasar uang, suku bunga IndONIA pada Juni 2022 stabil sebesar 2,80 persen dibandingkan dengan Juni 2021. Sementara di pasar dana, suku bunga deposito 1 bulan perbankan turun sebesar 69 bps sejak Juni 2021 menjadi 2,81 persen pada Juni 2022.

“Di pasar kredit, suku bunga kredit menunjukkan penurunan 58 bps pada periode yang sama menjadi 8,94 persen, di tengah membaiknya persepsi risiko perbankan,” tukas dia.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.

DJP Klaim MLI STTR yang Diteken Sri Mulyani Bisa Dongkrak Penerimaan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim, perjanjian Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR) bisa mendongkrak penerimaan pajak negara.

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.

Harga Bahan Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan

Harga bahan pangan secara nasional di tingkat pedagang eceran terpantau mengalami kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.