Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Sejarah Hari Kejaksaan: Awal Penentuan Tugas Antara Penegak Hukum

HOLOPIS.COM, JAKARTA – 22 Juli saat ini menjadi hari yang bersejarah bagi keluarga besar Kejaksaan atau biasa disebut dengan insan Adhyaksa.

Di tanggal tersebut, biasanya selalu diisi dengan berbagai kegiatan yang menyemarakan cikal bakal Kejaksaan dipilih menjadi lembaga penegak hukum yang merdeka dan independen.

Di tahun ini, tema besar Hari Bhakti Adhyaksa ke-62 mengambil tema “Kepastian Hukum, Humanis Menuju Pemulihan Ekonomi”. Sebuah tema yang masih dibalut dengan kondisi pandemi Covid-19.

Lantas, sebenarnya bagaimana awal mula penetapan tanggal 22 Juli bisa menjadi Hari Kejaksaan?

Sejarah Hari Kejaksaan

Dikutip dari Kejaksaan.go.id, kejaksaan bermula dari tubuh Departemen Kejaksaan yang masih berbentuk Biro Pengawasan Aliran Kepercayaan (Biro Pakem) sebagai kelanjutan dari Badan Pakem yang dibentuk tahun 1958.

Pada era ini pula, tugas kejaksaan meluas, tidak hanya pada bidang represif saja, melainkan juga ke bidang preventif dan bahkan pemerintahan dan keamanan, seperti dalam persoalan orang asing serta pelaksanaan pembinaan pers nasional.

Usai Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945, hal ini juga diiringi dengan pembentukan lembaga-lembaga penegak hukum, salah satunya Kejaksaan Republik Indonesia. Saat itu, Jaksa Agung Indonesia yang pertama adalah Gatot Taroenamihardja.

Selain dari itu, Jaksa Agung Mr. Goenawan juga berperan dalam mewujudkan pemasukan kembali Irian Jaya ke dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Saat itu juga kemudian terwujud Rancangan Undang-undang Pokok Kejaksaan serta UU Pokok Kepolisian yang menetapkan tugas-tugas Jaksa dalam hubungannya dengan batas-batas tugas-tugas hakim dan polisi.

Kemudian, pada tanggal 22 Juli 1960, kabinet dalam rapatnya memutuskan bahwa kejaksaan menjadi departemen dan keputusan tersebut dituangkan dalam surat Keputusan Presiden RI tertanggal 1 Agustus 1960 No.204/1960 yang berlaku sejak 22 Juli 1960.

RUU ini kemudian disahkan pemerintah cq Presiden pada tanggal 30 Juni 1961 dan dinamai UU Nomor 15 tahun 1961. UU ini memuat Ketentuan-ketentuan Pokok Kejaksaan atau Undang-undang Pokok Kejaksaan (UUPK).

Hal itulah yang melatarbelakangi penetapan 22 Juli sebagai hari Kejaksaan dengan surat Keputusan Menteri/JA No. Org/A-51/1 tanggal 2 Januari 1961.

Sementara itu, mengutip buku Kejaksaan RI oleh Marwan Effendy (2005), sejarah Hari Ulang Tahun Kejaksaan atau Hari Bhakti Adhyaksa berawal dari Pemerintahan Kerajaan Majapahit yang telah mempunyai sistem pengadilan ‘Dhyaksa’ yang bertugas untuk menangani perkara peradilan. Selanjutnya, istilah ‘Dhyaksa’ ini disebut ‘Jaksa’ hingga sekarang.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kebakaran Landa Sukabumi Selatan Kebon Jeruk, Ratusan Petugas Damkar Dikerahkan

Terjadi kebakaran di Jalan Arsirad RT 09/RW 03, Kelurahan Sukabumi Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Ratusan petugas pemadam kebakaran (damkar) pun dikerahkan ke lokasi kejadian.

Hari Kebebasan Sedunia : Momentum Runtuhnya Komunisme di Eropa Timur

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Hari Kebebasan Dunia yang selalu diperingati...

Kebakaran Hebat di Dekat Rusun RPTRA Albo Lestari Cakung, 120 Personel Damkar Dikerahkan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kebakaran hebat kembali terjadi di kawasan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru