HOLOPIS.COM, JAKARTA – Draupadi Murmu terpilih menjadi presiden baru India. Kemenangan berhasil ia dapatkan setelah mengantongi 2.824 suara, termasuk di dalamnya 540 anggota parlemen.

“Sebagai Returning Officer, saya menyatakan Droupadi Murmu sebagai Presiden India,” kata Returning Officer PC Mody, dilansir dari One India, Jumat (22/7).

Kemenangan Draupadi menjadi sejarah baru di India. Wanita berusia 64 tahun itu merupakan wanita kedua yang memegang jabatan itu.

Perolehan Suara Menang Telak

Draupadi Murmu berhasil menjadi Presiden India setelah meraih 64% suara dan mengalahkan saingannya, Yashwant Sinha yang hanya berhasil mengumpulkan 36% suara.

Sementara itu di negara bagian, Murmu juga berhasil mendapat suara maksimal dari Uttar Pradesh, Maharashtra, dan Andhra Pradesh. Namun, Shina juga menerima suara mayoritas di Benggala Barat serta Tamil Nadu.

Presiden Pribumi Pertama India

Draupadi Murmu menjadi keturunan pribadi pertama dan wanita kedua yang memegang jabatan. Sejarah yang telah dikuir Murmu pun dipuji oleh Perdana Menteri India Narendra Modi.