Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

AS Laporkan Kasus Polio Pertama Sejak 1 Dekade

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Amerika Serikat melaporkan kasus pertama polio sejak 1 dekade. Pria tersebut tinggal di Rockland County yang berjarak hanya 48 km dari Manhattan, New York.

“Terakhir kali Amerika mencatat kasus polio adalah pada tahun 2013,” demikian dikatakan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), dilansir Agencies, Jum’at (22/7).

Menurut CDC, Kasus polio terakhir kali ditemukan memiliki tipe indikasi rantai penularan dari individu yang menerima vaksin polio oral (OPV).

“Ini berarti, virus bisa saja berasal dari lokasi di luar Amerika Serikat di mana OPV telah diadministrasikan,” lanjut mereka.

Sementara itu, vaksin oral polio tak lagi digunakan di AS sejak tahun 2000.

Para pejabat kesehatan tersebut pun mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati dan cepat divaksinasi bagi yang belum.

Meski diduga virus berasal dari luar AS, menurut Komisaris Kesehatan Kabupaten Rockland Dr Patricia Schnabel Rupper, pasien polio itu tidak berpergian keluar AS. Gejala yang ia rasakan dimulai sejak satu bulan yang lalu.

“Kami sekarang sedang memeriksa keluarga, mereka yang melakukan kontak dekat dari pasien ini,” katanya.

Perlu diketahui, polio adalah penyakit saraf yang dapat menyebabkan kelumpuhan permanen. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus dan sangat menular. Namun, poilio dapat dicegah dengan imunisasi.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tema Hari Perdamaian Internasional 2024 : Membangun Budaya Damai

Hari Perdamaian Internasional yang diperingati setiap tanggal 21 September setiap tahunnya menjadi momen refleksi bagi seluruh umat manusia untuk mengupayakan perdamaian dunia.

Donald Trump Akan Salahkan Rakyat Yahudi Jika Ia Kalah Pilpres AS 2024

Mantan Presiden Amerika Serikat yang juga sekaligus kandidat Presiden dari Partai Republik Donald Trump mengatakan bahwa pemilih Yahudi – Ameirka Serikat akan ikut disalahkan jika ia tidak berhasil memenangkan pemilu 5 November mendatang.

China Kembali Dihantam Topan, Ratusan Ribu Orang Dievakuasi

Jalanan di lingkungan kota Shanghai China kembali dihadapi topan kedua dalam seminggu. Curah hujan yang terjadi di negara tirai bambu tersebut telah memecahkan rekor lokal di beberapa bagian kota.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru