HOLOPIS.COM, JAKARTA – Mantan Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak dan Menteri Luar Negeri Liz Truss akan bersaing menjadi Perdana Menteri Inggris berikutnya.

Dilansir dari Reuters, Kamis (21/7), Sunak telah mempimpin jumlah suara di antara para anggota parlemen Konservstif. Sementara Truss memperolah keuntungan di antara 200.000 anggota partai yang akan memilihnya.

“Saya siap untuk memulai dari hari pertama,” kata Liz Truss yang berterima kasih kepada para pendukungnya.

Sementara Rishi Sunak berterima kasih kepada para pendukungnya yang telah memberikan kepercayaan.

“Sangat berterimakasih bahwa teman-teman saya telah memberikan kepercayaan kepada saya hari ini. Saya akan bekerja malam dan siang untuk menyampaikan pesan kita ke seluruh negara,” kata Rishi Sunak.

https://twitter.com/RishiSunak/status/1549777868435120130

Perdana Menteri Inggris terpilih akan diumumkan pada tanggal 5 September mendatang. Setelah terpilih, PM baru nantinya akan menghadapi kondisi terparah Inggris. Inflasi di Inggris telah mencapai 11 persen, dan posisi mata uang yang mendekati terendah terhadap dolar dalam sejarah.

Jajak pendapat menunjukkan Truss akan mengalahkan Sunak dalam kontes anggota partai, ini membuka peluang untuk partai memilih seorang pemimpin yang bukan pilihan paling populer di antara anggota parlemen di Westminster.

Sebelumnya, mantan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengundurkan diri dari jabatannya setelah tersandung banyak kontroversi.

Mulai dari skandal seks, hingga mengadakan pesta saat lockdown, para menteri kabinet Boris Johnson hengkang serentak karena menilai Johnson tak pantas untuk terus memimpin Inggris di masa depan.