HOLOPIS.COM, JAKARTA – Jumlah warga Australia yang dirawat di rumah sakit akibat Covid-19 telah mencapai rekor di haru Rabu (20/7). Akibatnya, pemerintah meminta para pemilik bisnis agar pegawainya bekerja dari rumah (work from home).

“Kita perlu melakukan sesuatu yang berbeda setidaknya dalam periode waktu yang singkat,” kata Kepala Petugas Medis Australia Paul Kelly kepada Radio ABC Australia, Rabu (20/7).

Pemerintah juga mengimbau masyarakat untuk tetap menggunakan masker di dalam ruangan, dan segera menerima vaksin booster.

Saat ini Australia tengah dilanga gelombang ketiga Covid-19 varian Omicron yang lebih mudah menular.

Selama 7 hari belakangan, Australia telah mencatat 300.000 kasus bahkan bisa lebih.

“Bekerja dari rumah dapat menjadi komponen utama untuk menghentikan penyebaran makro,” lanjut Paul.

Sekitar 5.300 warga Australia sedang dirawat di rumah sakit akibat Covid-19, tidak jauh dari rekor 5.390 pasien di bulan Januari lalu.

Sejauh ini, 95% warga berusia di atas 16 tahun telah menerima dua dosis, dan berhasil membantu kasus Covid-19 Australia tidak melewati angka 9 juta.

Sementara itu tingkat kematian di Australia sebanyak 10.845, dan angka yang jauh lebih rendah dibandingkan banyak negara lainnya. Namun, hanya 70% warga Australia yang sudah menerima vaksin booster.